Ketua DPRD Kaltim Tegaskan Hasil Reses Harus Dilakukan Secara Detail

Muhammad Rusli | Jumat, 11 Des 2020 12:00 WITA
Ketua DPRD Kaltim Tegaskan Hasil Reses Harus Dilakukan Secara Detail Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, menganjurkan kepada seluruh anggota DPRD, bahwa reses merupakan salah satu pekerjaan yang harus dilakukan secara detail dilapangan dan tidak hanya sekedar menerima laporan.

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, menganjurkan kepada seluruh anggota DPRD, bahwa reses merupakan salah satu pekerjaan yang harus dilakukan secara detail dilapangan dan tidak hanya sekedar menerima laporan.

Penegasan itu disampaikan pada rapat paripurna ke-35 terkait penyampaian laporan hasil reses atau serap aspirasi anggota DPRD Kaltim Masa Persidangan III 2020. Yang berlangsung di gedung D lantai 6 DPRD Kaltim, Jumat (11/12/2020).

Lanjut kemudian Ketua DPRD Kaltim bersama anggota DPRD lainnya, juga berharap kepada kepala daerah untuk melakukan koordinasi kepada setiap anggota Dewan yang melaksanakan reses untuk dilakukan pendampingan dan pertemuan selama dalam waktu reses di dapil masing – masing.

“Hal itu dianggap perlu, karena Kabupaten dan Kota juga memerlukan bantuan Provinsi, sehingga diperlukan ada perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dari pemerintah daerah yang mendampingi,”kata Makmur HAPK.

Kemudian, Makmur menyebutkan agar adanya pemilahan kewenangan. Antara Provinsi dan Kabupaten dan Kota, Hal tersebut juga krusial untuk jadi perhatian, dan diharapkan komunikasi bersama dinas-dinas terkait di daerah, sehingga anggota DPRD Kaltim bisa lebih menyerap aspirasi di dapilnya.

“Kalau hal itu dilakukan secara detail dan koordinasi yang baik, bisa dipastikan dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) atau Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) itu dapat lancar dan tidak banyak koreksi atau salah persepsi,” ungkapnya. (adv)


Tinggalkan Komentar