Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Pemprov Bentuk Pokja Sertifikasi Keahlian

Muhammad Rusli | Selasa, 27 Okt 2020 12:00 WITA
Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Pemprov Bentuk Pokja Sertifikasi Keahlian Ketua komisi IV DPRD Kalimantan Timur Rusman Yaqub

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Ketua komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Rusman Yaqub dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dengan mebahas tentang sertifikasi keahlian. Hari Senin (26/10/2020). 

Rapat dengar pendapat (RDP) ini selain  melibatkan Apindo, juga melibatkan Dinas Pemerintah terkait diantaranya, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kaltim, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim, serta Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) kaltim.

Di jaman era gelobalisasi sekarang ini dimana kemajuan industri sudah mulai menggunakan system dijitalisasi, dan hal ini bisa dipastikan nantinya membutuhkan sertifikasi keahlian terkhusus bagi pencari kerja.

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub dalam keterangan pers nya, dikatakannya bahwa para pencari kerja memang seyokyanya mengikuti uji kopentensi untuk mendapatkan sertifikasi keahlian.

“Sertifikasi keahlian adalah hal yang paling utama di butuhkan di perusahaan industri yang sekarang ini sudah menggunakan system dijitalisasi.”terangnya.

Lanjut Rusman Yaqub dalam keterangan Persnya, bahwa pihaknya segera mengusulkan kepada pemerintah Provensi Kaltim untuk pembentuk pokja yang menangani sertifikasi daerah termasuk dengan tempat penyelenggaraan uji kompetensi (UK).

“Pihak Kami (Komisi IV) segera mengusulkan kepada Gubernur Kaltim agar segera membentuk pokja yang menangani Uji Kompetensi (UK) sertifikasi keahlian bagi pencari kerja,”pungkasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar