Komisi III DPRD Kaltim, minta PT. Pelabuhan Tiga Bersaudara agar berkontribusi ke Daerah

Muhammad Rusli | Jumat, 19 Feb 2021 12:00 WITA
Komisi III DPRD Kaltim, minta PT. Pelabuhan Tiga Bersaudara agar berkontribusi ke Daerah Ketua Komisi III DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Ketua Komisi III DPRD Kaltim  Hasanuddin Mas’ud mengkritik PT Pelabuhan Tiga Bersaudara yang dinilai tidak memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kaltim. 

Diketahui bahwa perusahaan baik swasta maupun berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sudah seharusnya memberikan kontribusi bagi daerah. 

“Daerah dan masyarakat sekitar sudah seharusnya mendapatkan manfaat dari hadirnya perusahaan, bukan sebaliknya,” sebut Hasanuddin Mas’ud ketika memimpin rapat Komisi III DPRD Kaltim dengan Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Samarinda, Dinas ESDM Kaltim, perwakilan PT Pelabuhan Tiga Bersaudara, dan DPMPTSP Kukar, beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Menteri Perhubungan RI menetapkan PT Pelabuhan Tiga Bersaudara sebagai pelaksana kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan pada terminal alih muat barang (ship to ship transfer) Muara Berau dan Muara Jawa, Kutai Kartanegara.

Menurutnya, ada beberapa bentuk kerjasama yang bisa dilakukan yang saling menguntungkan baik bagi perusahaan tersebut dengan daerah. Seperti kerjasama antara PT Pelabuhan Tiga Bersaudara yang berstatus Badan Usaha Pelabuhan dengan perusahaan daerah milik Pemprov Kaltim.

“Sebenarnya untuk menangani kegiatan alih muat barang di pelabuhan perusda saja sudah cukup. Ya karena sudah ada kerjasamanya dengan pihak kementerian, kami tidak mempersoalkan tetapi bagaimana kontribusinya bagi daerah,” ungkap  Hasanuddin.  (adv)


Tinggalkan Komentar