Komisi III DPRD Kaltim Sarankan Kades Kubar Ajukan Bankeu Guna Perbaikan Infrastruktur Desa

Wahyu Retno | Jumat, 08 Des 2023 12:00 WITA
Komisi III DPRD Kaltim Sarankan Kades Kubar Ajukan Bankeu Guna Perbaikan Infrastruktur Desa Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Veridiana Huraq Wang

gerakanaktualnews.com, Samarinda — Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Veridiana Huraq Wang, mengungkapkan keprihatinannya terkait kondisi beberapa ruas jalan di Kutai Barat (Kubar), khususnya di desa-desa yang masih belum layak dilintasi warga. 

"Kami telah mendapati keluhan soal jalan rusak yang disampaikan para Kades. Di sana (Kubar) itu kemungkinan ada sembilan desa yang akses jalannya masih rusak," ungkap Veri beberapa waktu lalu.

Veri mengatakan, bahwa upaya perbaikan jalan desa, statusnya bukan kewenangan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov), melainkan kewenangan Kabupaten, sehingga pihaknya menyarankan agar para Kepala Desa (Kades) melakukan pengajuan bantuan keuangan (bankeu).

"Selama ini, status jalan yang bukan jalan provinsi yang membuat Pemprov Kaltim kesulitan dalam hal alokasi anggaran. Karena bukan wewenangnya untuk menangani jalan kabupaten hingga jalan di desa-desa," imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Veri menyarakan kepada para Kades untuk mengajukan bankeu, sehingga masyarakat di desa-desa bisa segera menikmati jalan yang mulus.

"Jadi, usulkan saja ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Kubar, supaya bisa diteruskan ke Pemprov Kaltim dan kami dari DPRD Kaltim juga akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim untuk membantu perbaikan jalan di Kubar," tutupnya.

Lebih lanjut, Politisi fraksi PDI-Perjuangan ini berharap dengan adanya bankeu, nantinya bisa membantu meringankan beban para masyarakat. (Adv)


Tinggalkan Komentar