Pendidikan di Kaltim Harus Merata, Komisi IV Terus Perjuangkan

| Selasa, 13 Sep 2022 12:00 WITA
Pendidikan di Kaltim Harus Merata, Komisi IV Terus Perjuangkan -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Pendidikan di Kalimantan Timur (Kaltim) harus berkualitas dan merata sesuai amanat presiden, apalagi kaltim akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) layanan Pendidikan harus prioritas.

Menurut ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi bahwa jumlah sekolah yang ada di Kabupaten/Kota itu masih kurang, hal itu berdasarkan keluhan masyarakat dan dinas terkait.

“Ini kan mau pemindahan IKN jadi perlu mempersiapkan sekolah-sekolah khususnya SMA/SMK yang merupakan kewenangan provinsi. Seperti di Samboja dan daerah penyangga IKN lainnya agar pendidikan bisa merata,” sebut Akhmed Reza saat selesai memimpin rapat Komisi IV DPRD Kaltim bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Selasa (13/9/2022).

Oleh sebab itu Disdikbud Kaltim diminta untuk memberikan data terkait pemerataan kawasan mana saja yang kekurangan sekolah sehingga membuat masyarakat kesulitan mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Selain itu, Politikus Gerindra itu meminta agar pemberian beasiswa dapat dipermudah dan penyebarannya dapat merata, salah satunya dengan memberikan informasi terbuka kepada masyarakat seluruh kabupaten/kota.

“2023 kalau bisa kouta penerima ditambah dan pemberian informasi mulai pendaftaran sampai apa saja syarat harus disebar luaskan. Kemudian berikan pemahaman apa saja penyebab mereka yang telah mendaftar tetapi kemudian tidak lolos,” ujarnya.

Kadisdikbud Kaltim Anwar Sanusi menuturkan data dan informasi yang diminta oleh Komisi IV akan disusun untuk kemudian diserahkan kemudian. “Dalam waktu dekat akan kami berikan laporannya termasuk realisasi pelaksaan kegiatan 2022,” tegasnya.

Terkait dengan peningkatan infrastruktur di Perubahan APBD Kaltim Tahun 2022 ada program peningkatan sarana dan prasarana dan utilitas sekolah SMA, SMK dan SLB, termasuk SKOI. (adv)


Tinggalkan Komentar