Pj Gubernur Diharap Mampu Turunkan Angka Kemiskinan, Sebut Ketua DPRD Kaltim

Wahyu Retno | Rabu, 25 Okt 2023 12:00 WITA
Pj Gubernur Diharap Mampu Turunkan Angka Kemiskinan, Sebut Ketua DPRD Kaltim Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas'ud

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Beberapa waktu lalu tepatnya pada 1 Oktober 2023, Dr Akmal Malik dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur. Pada saat itu sejumlah harapan dimunculkan oleh para wakil rakyat, termasuk Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud.

Menurut Hasanuddin Mas’ud, selama satu tahun kedepan Akmal Malik memimpin Kaltim, diharapkan dapat memberikan perubahan yang signifikan pada pembangunan di Kaltim. 

Salah satu tantangannya adalah Pj Gubernur diharapkan mampu menekan angka kemiskinan di Kalimantan Timur.

Alasannya, karena masih adanya masyarakat Kaltim yang hidup dalam kemiskinan. Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) persentase penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Timur pada Maret 2023 tercatat sebesar 6,11 persen. Namun Kaltim masih cukup baik karena di bawah rata-rata nasional, sebesar 9,36 persen.

Hasanuddin Mas’ud mendorong digencarkannya program Rumah Layak Huni (RLH) seperti yang telah diinisiasi pada periode kepemimpinan Isran Noor bersama Hadi Mulyadi.

“Terobosannya yang kami harapkan, supaya angka kemiskinan di Kaltim bisa terus turun,” ungkap Hasanuddin.

Politisi dari Fraksi Golkar itu memahami bahwa tentu tak mudah untuk menghapus kemiskinan di Kaltim. Kendati demikian, dia tetap mengapresiasi apapun yang akan dilakukan Akmal Malik.

Berdasarkan informasi yang dia terima, Akmal Malik disebut siap untuk melanjutkan program yang sudah ada dikepemimpinan sebelumnya, yakni saat Isran Noor-Hadi Mulyadi masih memimpin Kaltim.

“Walau masih belum tahu pasti, ke depan akan ada kebijakan apa yang akan dilaksanakan pemerintah di bawah kepemimpinan beliau,” tambah dia.

Nantinya, pertemuan rutin dengan Akmal Malik diupayakan bisa terlaksana selama satu bulan sekali. DPRD Kaltim juga akan mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda) Kaltim untuk pertemuan tersebut.

“Kami yakin pertemuan itu nanti akan mempererat hubungan dan komunikasi untuk membahas kegiatan-kegiatan dan program yang sudah disusun dari semua pihak,” ucap Hasanuddin. (adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar