Remaja di Balikpapan Dibekali Ilmu Parenting Pranikah 

Wahyu Retno | Senin, 23 Okt 2023 12:00 WITA
Remaja di Balikpapan Dibekali Ilmu Parenting Pranikah  Anggota DPRD Kaltim, Fitri Maisyaroh Saat Menjadi Narasumber Seminar Pranikah di Balikpapan

gerakanaktualnews.com, Balikpapan - Fitri Maisyaroh, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim, menjadi narasumber seminar pranikah. Seminar kali ini mengangkat tema "Sebelum 'You & Me' Ucapkan Janji Suci Itu." 

Fitri menyoroti aspek penting yang sering dilupakan dalam persiapan pernikahan, yaitu ilmu parenting. 

Fitri mengungkapkan bahwa membatasi waktu setelah pernikahan adalah langkah bijak. 

"Banyak pasangan yang terlalu sibuk dengan perencanaan pernikahan dan pasca-pernikahan, sehingga seringkali melupakan pentingnya memahami ilmu parenting," ungkap Fitri di Kota Balikpapan, beberapa waktu lalu.

Menurut politisi PKS ini, keinginan untuk menikmati bulan madu, bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga, dan berkunjung ke keluarga besar seringkali mengalahkan keinginan untuk belajar parenting. Fitri mengingatkan bahwa mempelajari ilmu parenting sebelum menikah adalah investasi yang berharga.

Fitri juga menyoroti persiapan mental sebagai elemen penting dalam perjalanan menjadi orang tua. 

"Persiapan mental ini meliputi pola pikir, sikap, dan tindakan. Hal ini tidak dapat dilakukan secara tiba-tiba, dan memahami ilmu parenting sebelum menikah dapat membantu pasangan menghadapi berbagai masalah yang mungkin timbul dalam perjalanan menjadi orang tua," ujarnya.

Selain itu, Fitri mengingatkan bahwa kehamilan bisa datang kapan saja. Kehamilan yang tidak terduga dengan persiapan yang minimal dapat menjadi beban yang berat. Oleh karena itu, memahami ilmu parenting sebelum menikah adalah langkah bijak untuk memastikan bahwa anak-anak dibesarkan dengan baik.

Fitri Maisyaroh juga menekankan bahwa sebagai pendidik pertama, pasangan harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang parenting. Ilmu parenting dapat membantu mereka memahami bagaimana mendidik, mengasuh, dan membimbing anak dengan benar. Selain itu, penting untuk membuat kesepakatan bersama tentang pola pengasuhan anak-anak.

Sebagai tips akhir, Fitri mengingatkan calon pengantin untuk menentukan tujuan pengasuhan bersama pasangan, mendidik anak sesuai dengan zamannya, dan selalu mengingat bahwa setiap anak adalah amanah yang harus dijaga dengan baik.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Pemberdayaan dan Peningkatan Keluarga Sejahtera. Serta Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, sebagai realisasi dari Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar