Wujudkan Energi Terbarukan Ramah Lingkungan, DPRD Kaltim Dorong Penggunaan PLTS

| Jumat, 07 Okt 2022 12:00 WITA
Wujudkan Energi Terbarukan Ramah Lingkungan, DPRD Kaltim Dorong Penggunaan PLTS -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Veridiana Huraq Wang Ketua Komisi III DPRD Kaltim, mendorong Pemprov Kaltim untuk menyediakan regulasi guna mendorong masyarakat memanfaatkan tenaga surya untuk menunjang aktifitas kesehariannya.

Hal itu ia sampaikan lantaran dengan memanfaatkan tenaga surya setidaknya dapat mewujudkan penerapan energi terbarukan.

Ia menjelaskan, pembangkit listrik saat ini dapat memanfaatkan sumber daya dari berbagai macam sektor contohnya tenaga surya.

Dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) telah memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari.

" Saya juga sudah memakai alat yang serupa dengan menggunakan PLTS, seperti kompor listrik sudah bisa digunakan, selain itu mengenai biaya menurut saya juga jauh lebih hemat," ucapnya, Jumat (7/10/2022).

Bahkan ia membeberkan, seperti alat yang telah digunakan di rumahnya, ia hanya merogoh kocek sekira Rp. 5 juta sudah dapat digunakan dalam aktifitas rumah tangga sehari-hari.

" Kalau PLTS kan tinggal kita beli sekali saja, bisa nyala terus," jelasnya.

Menurutnya, dorongan itu perlu diperhatikan Pemprov Kaltim sebab sesuai dengan visi dan misi gubernur dan wakil gubernur Kaltim yang bertajuk 'Kaltim Green' atau bentuk upaya menjaga lingkungan sehingga menyikapi energi terbarukan baginya memerlukan tenaga yang berbasis ramah lingkungan. (Adv)


Tinggalkan Komentar