Abdul Rasid: Memberi Semangat TNI Di Usia ke-76

Muhammad Akbar | Rabu, 06 Okt 2021 12:00 WITA
Abdul Rasid: Memberi Semangat TNI Di Usia ke-76 Presiden Soekarno mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 3 Juni 1947, seperti dikutip dari laman resmi Tentara Nasional Indonesia.

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid,memberikan ucapan selamat, kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke-76. 

Pada momentum tersebut, selain memberikan semangat kepada TNI, Abdul Rasid pun juga berharap agar Terntara Nasional Indonesia (TNI) selalu kuat dan dekat terhadap rakyat.

“Tak perlu diragukan dan dibantah lagi kedekatan TNI bersama masyarakat, di usianya yang 76 tahun ini kita semua bangga kehadiran mereka ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi masyarakat Kutai Kartanegara,” kata Abdul Rasid. Rabu (6/10/2021).

Tertulis dalam sejarah bangsa, TNI lahir di tengah perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dari upaya penjajahan kembali oleh Belanda melalui kekerasan senjata. 

Saat itu, TNI bermula dari Badan Keamanan Rakyat (BKR). BKR kelak menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945.

Untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer internasional, TKR berubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) Untuk menyatukan kekuatan bersenjata TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, Presiden Soekarno mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 3 Juni 1947, seperti dikutip dari laman resmi Tentara Nasional Indonesia.

Selama Perang Kemerdekaan (1945-1949), TNI berhasil menjadi tentara rakyat, tentara revolusi, dan tentara nasional. Seiring waktu peran, fungsi dan tugas TNI berubah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004.

TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

Berkaca dari sejarah ini, Rasid berharap dalam era sekarang ini TNI berperan tidak hanya berkontribusi dalam keamanan saja, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi masyarakat.

“Termasuk juga peran dalam mensukseskan program vaksinasi, kemudian juga bagaimana Indonesia ini terbebas dari Covid-19, ini semua sejauh ini telah dilakukan oleh TNI,” harapnya.

“Pandemi ini kita juga perang melawan dan bertujuan untuk menciptakan Herd Immunity kekebalan kelompok di Kukar, peran TNI luar biasa akan hal ini. Semoga peran ini tidak berhenti disitu saja, terus mengayomi dan berperan aktif dalam pemulihan ekonomi masyrakat pasca perang melawan pandemi ini,” terangnya.

“Selamat HUT ke 76 TNI, bersatu berjuang kita pasti menang, TNI kebanggaan kita,” demikian Rasid. (adv)


Tinggalkan Komentar