DPRD Kukar Dorong Pemerintah Pengadaan Unit Damkar

Amril Ibnu Marzuki | Jumat, 29 Sep 2023 12:00 WITA
DPRD Kukar Dorong Pemerintah Pengadaan Unit Damkar Ketua Komisi IV DPRD Kukar, Baharuddin

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar, melalui Komisi IV mendorong pemerintah daerah untuk melakukan pengadaan Unit (Mobil) pemadam kebakaran (Damkar).

Mobil Damkar yang ada saat ini dirasa masih kurang. Mengingat geografis wilayah Kukar begitu luas, maka masalah musibah kebakaran di kecamatan-kecamatan yang jaraknya jauh dari Tenggarong harus ditangani dengan baik.

“DPRD Kukar dalam hal ini mendorong agar pemerintah daerah memberikan perhatian serius untuk pengadaan unit mobil damkar di setiap kecamatan,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kukar, Baharuddin, pada Jumat (29/9/2023).

Selain mobil damkar di kecamatan, perlu juga pengadaan kendaraan viar dan mesin pompa air untuk menangani kebakaran di daerah padat penduduk yang memiliki jalan berukuran kecil seperti gang.

Baharuddin merasa kendaran roda tiga itu penting untuk dianggarkan. Karena banyak gang-gang kecil yang sulit dilalui kendaraan besar, sehingga viar merupakan salah satu solusinya.

Lanjut kemudian ia katakan jika perlu, setiap dusun di wilayah desa memiliki kendaraan viar beserta peralatan pemadam kebakaran. Dengan perlengkapan yang memadai, mereka bisa menjadi antisipasi awal terjadinya musibah kebakaran.

“Kita perlu memiliki peralatan minimal di masing-masing desa, sehingga bila terjadi kebakaran bisa tertangani lebih cepat” ujarnya.

Baharuddin menambahkan, pengadaan tersebut juga telah dibahas dalam penganggaran APBD perubahan 2023. Ia memastikan ada sebagian unit damkar dan peralatan damkar yang telah dianggarkan.

“Kami di Komisi IV bakal terus mendorong agar pengadaan unit mobil damkar dan peralatan dapat tercover kembali pada 2024 mendatang,” tutupnya. (adv/dprdkukar)


Tinggalkan Komentar