Eko Wulandanu: Hidupkan Kembali Ekonomi Pelaku Usaha Melalui Pakem Expo

Muhammad Akbar | Jumat, 05 Nov 2021 12:00 WITA
Eko Wulandanu: Hidupkan Kembali Ekonomi Pelaku Usaha Melalui Pakem Expo Pelaksanaan Kegiatan Pakem expo hingga 14 Oktober mendatang

gerakanaktualnews com, TENGGARONG – Bertempat di areal parkir Gedung Putri Karang Melenu, Kutai Karta Negara (Kukar) kegiatan pemuda kreatif ekonomi maju (Pakem) Expo tahun 2021 Tenggarong Seberang, resmi dibuka.

Pelaksanaan Kegiatan Pakem expo hingga 14 Oktober mendatang, hal tersebut merupakan inisiasi oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kukar, Eko Wulandanu, yang juga sebagai Anggota Komisi I DPRD Kukar.

"Kita selama hampir dua tahun ini diberi cobaan pandemi yang luar biasa, semenjak saya menjabat di KNPI baru pertama ini juga kami menggelar kegiatan. Alhamdulillah ini terselenggara tidak menggunakan anggaran dari pemerintah, melainkan swadaya dari para PKL, pelaku UMKM dan sponsor yang terlibat," kata Eko, Jumat (5/11/2021).

Meskipun tak menggunakan dana pemerintah, Politikus Partai Perindo ini mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kukar yang juga turut mendukung dengan memberikan perijinan penyelenggaraan expo dan ijin lokasi.

"APBD tidak bisa bantu karena tahun mendatang baru bisa ada anggaran dari Dispora Kukar, artinya kami melakukan inovasi ini," jelasnya.

Anggota Fraksi Nasdem-Hanura-Perindo ini menceritakan awal pencanangan kegiatan expo ini dimulai dari aksi sosial yang diinisiasi oleh 35 organisasi kepemudaan di Kukar yang sering kali mendengar keluhan dari para pelaku usaha karena kondisi Pandemi Covid-19.

Terlebih saat Kukar menerapkan PPKM level 4. Pelaku-pelaku usaha tidak bisa maksimal dalam berjualan dan hasil yang didapatkan juga tidak seberapa. Akhirnya Eko dan kawan-kawan sepakat membuat expo dengan tujuan untuk kembali menghidupkan perekonomian UMKM.

"Akhirnya kami buat Pakem Expo, tujuannya ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat yang skala bawah," ucapnya.

Anggota DPRD Dapil V Loa Kulu Loa Janan ini juga berpesan agar pengunjung nantinya tetap disiplin dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Kalau nanti naik maka semakin sulit lagi ekonominya, ujung-ujungnya kita sendiri yang susah kan, mari kita tetap semangat dan jangan kendor, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.”pungkas Eko Wulandanu. (adv)


Tinggalkan Komentar