DPRD PPU Dukung Optimalisasi KIB, Menyongsong IKN

Usman | Selasa, 22 Jun 2021 12:00 WITA
DPRD PPU Dukung Optimalisasi KIB, Menyongsong IKN Menurut Sekretaris Komisi I DPRD PPU Sariman, perlunya mendorong perkembangan kawasan industri yang ada di daerah Gunung Seteleng ini, seiring dengan rencana pemindahan IKN.

gerakanaktualnews.com, PENAJAM- Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), pemerintah terus berusaha mengoptimalkan sejumlah potensi, dan salah potensi itu adalah Kawasan Industri Buluminung (KIB).

Menurut Sekretaris Komisi I DPRD PPU Sariman, perlunya mendorong perkembangan kawasan industri yang ada di daerah Gunung Seteleng ini, seiring dengan rencana pemindahan IKN.

Kawasan Industri Buluminung (KIB) diharapkan jadi supporting pelabuhan. Ditambah lagi, letaknya yang cukup strategis, sehingga keberadaan KIB sejatinya cukup potensial.

“Akses dari dan ke Kubar serta Kubar nantinya kan bisa melalui pelabuhan di KIB juga,” terang Sariman.

Lanjut anggota DPRD dapil Sepaku ini, Ia bahkan berharap dan mendukung pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berencana melakukan perluasa wilayah.  

“Di Perda wilayah kalau tidak salah memang ditetapkan lima ribu hektare, tapi yang dimiliki pemerintah seingat saya baru 30 atau 40 hektare,” kata Sariman.

Hanya saja, disebut politikus PKS ini, rencana menambah luasan wilayah harus disesuaikan dengan kas daerah. 

“Kalau ada anggarannya ya silakan saja,” jelasnya.

Jika anggaran untuk pembebasan lahan dianggap kurang, Sariman menilai pemerintah bisa menyusun skema kerjasama dengan masyarat untuk pengelolaan lahan di KIB.

“Jadi tidak perlu dibeli, bisa saja sewa jangka panjang sehingga masyarakat juga tidak kehilangan hak miliknya. Ini tapi skemanya tentu business to business,” pungkas Sariman. (adv)


Tinggalkan Komentar