Gelar Paripurna DPRD PPU, penyampaian LKPj Bupati Tahun 2020

Usman | Rabu, 31 Mar 2021 12:00 WITA
Gelar Paripurna DPRD PPU, penyampaian LKPj Bupati Tahun 2020 Rapat Paripurna tersebut, dihadiri oleh Wakil Bupati PPU, Hamdam, mewakili Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM), untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati PPU, digelar di Gedung Paripurna DPRD PPU.

gerakanaktualnews.com, PPU - DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) tahun anggaran 2020.

Rapat Paripurna tersebut, dihadiri oleh Wakil Bupati PPU, Hamdam, mewakili Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM), untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati PPU, digelar di Gedung Paripurna DPRD PPU. Selasa (30/3/2021).

Wakil Bupati PPU Hamdam dalam penjelasannya mengungkapkan, penyusunan LKPj tahun 2020, ini berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. 

LKPj ini disusun berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023 yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025.

Lanjut ditambahkan, visi jangka panjang 20 tahun yang hendak kita capai sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten PPU 2005 – 2025 adalah Terwujudnya Kabupaten Penajam Paser Utara yang Berakhlak Baik, Mandiri, Sehat dan Sejahtera Berbasis pada Ekonomi Kerakyatan.

“Visi jangka panjang tersebut diterjemahkan kedalam visi jangka menengah 5 tahun dan saat ini kita tengah memasuki lima tahunan ke-empat dari RPJP kita dengan visi yaitu terwujudnya Kabupaten Penajam Paser Utara yang maju, modern dan religius,” ucap Hamdam.

Menurut Hamdam, salah satu bentuk pertanggungjawaban Pemerintahan yang baik adalah pertanggungjawaban mengenai akuntabilitas keuangan. Kebijakan umum anggaran yang sudah dilaksanakan Kabupaten PPU selama ini berdasarkan skala prioritas dan mengingat keterbatasan fiskal daerah.

Program dan kegiatan prioritas ditujukan untuk layanan umum yang meliputi penyediaan layanan kesehatan, pendidikan, penyediaan sarana dan prasarana sektor pertanian, perdagangan dan sektor lainnya yang memiliki daya ungkit bagi perekonomian, dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

“Perlu saya sampaikan bahwa berdasarkan struktur keuangan daerah tahun 2020, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara terealisasi sebesar Rp1,32 Trilyun dari target sebesar Rp.1,54 trilyun atau mencapai 85,83%. Sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) terealisasi sebesar Rp.88,13 milyar dari target sebesar Rp.101,3 milyar,” ungkapnya. (adv)


Tinggalkan Komentar