Sudirman: Soroti Pengelolaan Pantai Wisata di PPU Kurang Maksimal

Usman | Jumat, 18 Jun 2021 12:00 WITA
Sudirman: Soroti Pengelolaan Pantai Wisata di PPU Kurang Maksimal Menurut politisi PDI-P ini jika potensi wisata pantai PPU dikelola dengan baik, diyakinkan bisa memberikan kontribusi, yangmana pasti akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

gerakanaktualnews.com, Penajam - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sejatinya memiliki potensi wisata pantai yang cukup menjanjikan, namun Sayang pengelolaannya kurang maksimal, dan hal tersebut perlu dilakukan peningkatan pengelolaan terhadap dinas terkait.

Menurut politisi PDI-P ini jika potensi wisata pantai PPU dikelola dengan baik, diyakinkan bisa memberikan kontribusi, yangmana pasti akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kalau disediakan fasilitas dan infrastruktur yang memadai, pemerintah bisa memungut retribusi. Nah kalau sekarang, apa dasarnya mau memungut retribusi?, kan tidak ada fasilitas yang diberikan oleh pemerintah,” beber Sudirman.

Lanjut Ia menyebutkan bahwa pemerintah sebelum menarik retribusi, wisata pantai yang ada di PPU itu harus disiapkan fasilitasnya, termasuk menyiapkan spot – spot untuk UMKM dan fasilitas lainnya, sehingga bisa menarik pengunjung.

“Saya yakin jika dikelola dengan baik, selain meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar lokasi,” ujar Sudirman.

Seharusnya Dinas Pariwisata Penajam Paser Utara (PPU) memiliki master plan untuk pengembangan wisata, sehingga nantinya seluruh potensi wisata yang ada di PPU bisa lebih maksimal.

“Sekarang ini kan tidak jelas master plan-nya, mau dibawa ke mana wisata kita?,” tegas Sudirman. (adv)


Tinggalkan Komentar