Dewan Minta Pemkot Pastikan Pemindahan TPA Ke Sambutan

| Selasa, 12 Apr 2022 12:00 WITA
Dewan Minta Pemkot Pastikan Pemindahan TPA Ke Sambutan Foto; Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda Jasno. SP

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA – Menanggapi persoalan pemindahan TPA Bukit Pinang ke TPA Sambutan, anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda Jasno meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda agar bisa konsisten untuk melakukan pemindahan TPA Bukit Pinang.

Isu pemindahan TPA Bukit Pinang sudah lama diwacanakan, namun hingga saat ini hanya selalu wacana yang terdengar tapi belum terealisasi, dan sekdar diketahui isu pemindahan TPA Bukti Pinang itu sudah sekitar 10 tahun yang sialm.

“Sudah berulang kali saya sampaikan soal pemindahan TPA ini. Kalau mau pindah, ya harus konsisten. Jangan mau pindah tapi hanya bicara saja,” ujarnya Jasno, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/4/2022).

Penyiapan lokasi TPA Sambutan harus matang, mulai dari infrastruktur jalan hingga sarana dan prasarananya, sehingga TPA bisa benar-benar maksimal dioperasikan.

“Harus disiapkan betul infrastruktur akses di sana, tempatnya. Jangan hanya bicara saja pindah, tapi di sana masih hutan, jalannya masih bermasalah karena kondisi jalan masih tanah dan sulit dilewati kalau hujan. Kalau dipaksakan pasti jadi masalah dan bisa menyebabkan sampah menumpuk,” ujarnya.

“Wacana ini kan mulai jaman pak Jaang 10 tahun lalu, tapi sampai sekarang belum terjadi,” ucapnya. 
Untuk menindaklanjuti masalah itu, Komisi III DPRD Kaltim kata Jasno, akan mengundang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda dan OPD terkait untuk melakukan hearing.

“Nanti kita akan hearing dengan DLH yang membidangi itu. Jadi untuk memastikan apakah mau dipindah atau sekedar bicara saja,” pungkasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar