Kemenkominfo Gelar Bimtek, Sosialisasi, FGD Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kaltim

| Senin, 30 Mei 2022 12:00 WITA
Kemenkominfo Gelar Bimtek, Sosialisasi, FGD Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kaltim -

gerakanaktualnews.com, BALIKPAPAN-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) gelar Bimtek Sosialisasi, Focus Group Discussion (FGD) dan Assistensi dengan tema Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam Mendukung Transformasi Digital di Pemerintahan. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Swissbell Hotel, Balikpapan, Senin (30/5/2022).

Muhammad Faisal menyampaikan, kegiatan sebelumnya juga telah dilaksanakan, terkait SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), sehingga kedepan ada kesamaan visi untuk membangun sistem ini, secara bersama-sama, menuju satu sistem data secara nasional.

Menurutnya, asistensi juga dinilai penting dalam membangun sistem digital di pemerintah dan tidak lagi berbicara secara global.  Perlu juga kita berbicara tentang up grading dan penambahan wawasan lainnya.

"Demikian juga bagi setiap kabupaten dan kota di Kaltim untuk melakukan asistensi masing-masing," ungkapnya.

Selain itu, pola kerja salah satu menjadi perhatian, sementara untuk kendala, merujuk dari tahun sebelumnya dipastikan akan mengalami kendala semua. 

"Yang awalnya memakai 30 indikator dan sekarang ini ada 40 lebih indikator yang dipakai," sebutnya.

Faisal mengatakan perkembangan IT (Informasi Teknologi), semakin lama semakin maju dan harus diperketat. Salah satu menjadi kendala disaat indeks yang dipakai setiap kabupaten dan kota akan diakumulasikan lewat provinsi dan menjadikan Diskominfo Kaltim menjadi pembina Diskominfo disetiap kabupaten/ kota.

Selain itu, Kadis Kominfo Kaltim juga menyampaikan hambatan lain yakni, maindset menilai SPBE sebagai tugas utama Kominfo. Padahal, SPBE ini merupakan tugas bersama bagi setiap Perangkat Daerah (Perangkat Dunia), tegas Faisal. 

Sementara itu, Soni Fajar Surya Gemilang selaku narasumber dari Telkom University mengatakan, SPBE tidak hanya bersifat kebijakan aturan namun diperlukan implementasi, sehingga dalam pelaksanaanya diperlukan kolaborasi atau keterpaduan lembaga pemerintahan.

"Meski kegiatan sebelumnya telah dilaksanakan terkait, pelaksanaan SPBE, tetapi kegiatan ini akan melengkapi penerapan SPBE secara konkuren," ungkapnya.

Selanjutnya, Chandra Yulistia selaku Auditor Sistem Informasi menyatakan, auditor menjadi penting dalam sistem SPBE, dalam sebuah kondisi yang harus disesuaikan dengan kriteria kinerja. 

"Yang terpenting adalah adanya kegiatan yang dokumentasi dan terdokumentasi," paparnya. (Adv/kominfo kaltim)


Tinggalkan Komentar