Ribuan Warga Kubar Sambut Kedatangan Jokowi di Alun-Alun Itho Sendawar

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 07 Nov 2023 12:00 WITA
Ribuan Warga Kubar Sambut Kedatangan Jokowi di Alun-Alun Itho Sendawar Kedatangan Presiden Jokowi di Kubar

gerakanaktualnews.com, Kubar – Ribuan warga masyarakat Kutai Barat (Kubar) berbondong - bondong memadati Alun-Alun Itho Sendawar untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu, dalam rangka menghadiri Festival Dahau sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 24 Kabupaten Kutai Barat. 

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata," sapa Jokowi mengawali sambutannya dengan bahasa Dayak yang disambut riuh dengan sahutan, "Arus Arus Arus yang artinya setuju setuju setuju," oleh para warga lokal. 

Kalimat tersebut merupakan salam budaya Suku Dayak yang mengandung tiga pilar pedoman hidup. Yakni adil kepada sesama manusia, bercermin kepada surga dan nafas hidup berasal dari Tuhan. 

Jokowi pun mengungkapkan kebahagiaanya bisa hadir menyapa warga Kutai Barat dalam kemeriahan perayaan HUT kabupaten asal pemekaran Kutai Kartanegara itu. 

"Saya betul-betul sangat senang dan gembira. Bisa hadir di Bumi Tanaa Purai Ngeriman dalam Festival Dahau yang selalu dinanti warga Kubar," ujar Jokowi di Alun-Alun Itho Sendawar, Jumat kemarin. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan pesan kebangsaan. Sebagai negara besar dengan kemajemukan yang memiliki 714 suku, Jokowi berpesan agar setiap warga selalu menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

Ia pun memuji Kabupaten Kutai Barat yang dinilainya, mampu menjaga toleransi kerukunan umat beragama. Serta di sisi yang sama, terus melestarikan tradisi budaya. 

"Saya melihat semangat Bhinneka Tunggal Ika bisa diwujudkan secara nyata di Kubar. Saya lihat di sini rukun-rukun dan selalu menjaga kekompakan," puji Jokowi. 

Kehadiran Jokowi di Festival Dahau, Kubar dirangkai dengan penganugerahan Gelar Kehormatan Bangsawan Adat kepada sang Kepala Negara. Penganugerahan gelar kehormatan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Adat Besar (LAB) Kabupaten Kutai Barat, Manar Dimansyah. 

Menutup rangkaian giatnya di Kutai Barat, Jokowi juga berinteraksi dengan para warga. Memberikan kuis berhadiah sepeda, berfoto selfie bersama dan menyalami para warga yang hadir. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar