Wagub Kembangkan Semangat Minat Baca Melalui Literasi di Pulau Maratua 

| Rabu, 16 Mar 2022 12:00 WITA
Wagub Kembangkan Semangat Minat Baca Melalui Literasi di Pulau Maratua  -

 gerakanaktualnews.com, MARATUA - Pencanangan Semarak Literasi di Pulau Maratua oleh Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi didampingi Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto dan Wakil Bupati Berau H Gamalis. Selasa (15/3/2022). 

Semarak Literasi Maratua dimeriahkan dengan Pameran dan Bazar Perpustakaan Literasi Inklusi Sosial Kabupaten Berau di Pulau Maratua, pada 15-16 Maret 2022. Serta Gelar Produk dan Bazaar Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Berau. Dilanjutkan dengan peresmian Perpustakaan Ka’entongan TP PKK Kecamatan Maratua. 

Wagub Hadi Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Berau, karena ternyata di Bumi Batiwakkal ini ada 4 sekolah yang pernah juara perpustakaan tingkat nasional. Yang menandakan masyarakat Berau punya semangat membaca atau semangat literasi yang tinggi. 

“Hari ini kita meresmikan Perpustakaan Ka’entongan PKK Kecamatan Maratua. Saya dan kita semua mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perpusnas RI yang telah menyumbangkan satu unit mobil perpustakaan kepada Pulau Maratua,” ucap Hadi Mulyadi. 

Mantan legislator Senayan dan Karang Paci ini berharap dengan adanya bantuan unit mobil untuk perpustakaan dapat lebih meningkatkan minat baca masyarakat di pulau terluar Kalimantan Timur ini. 

“Mudah-mudahan bukan sekadar mobilnya, tetapi semangat literasinya harus kita bangun,” harapnya. 

Selain itu, lanjut Hadi, karena Pulau Maratua ini sudah menjadi destinasi internasional sehingga diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memasarkan, melayani serta meningkatkan pariwisata yang ada di Maratua. 

“Oleh karena itu perlu pendidikan dan perlu semangat literasi yang tinggi, karena hari ini kita mencanangkan Sematak Literasi Maratua,  mudah-mudahan ke depan Pulau Maratua ini bisa seperti Maladewa,” pungkasnya. 

Tampak hadir Sri Aslinda Gamalis selaku Ketua TP PKK Berau dan Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Taufik. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar