10 Unit Armada Sampah untuk Desa di Serahkan Camat Kota Bangun Darat 

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 23 Apr 2024 12:00 WITA
10 Unit Armada Sampah untuk Desa di Serahkan Camat Kota Bangun Darat  Penyerahan Bantuan oleh DLH Kujar Kepada Kecamatan

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Kecamatan Kota Bangun Darat menyerahkan bantuan sebanyak 10 unit armada pengangkut sampah untuk masing-masing desa. Kendaraan roda tiga itu menjadi solusi dalam mengatasi persoalan sampah di wilayah tersebut.

Disebutkan Camat Kota Bangun Darat, Julkifli, 10 unit armada merupakan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kutai Kartanegara (DLHK Kukar) kepada kecamatan, yang kemudian disalurkan kembali di desa-desa.

Sebenarnya, bantuan itu direalisasikan di APBD perubahan 2023. Namun menunggu proses administrasi, sehingga baru diserahkan pada Maret 2024 lalu.

“Ada 10 desa, (masing-masing) dapat 1 armada,” kata Julkifli, Senin (22/4/2024) kemarin.

Dengan adanya armada sampah roda tiga ini, diharapkan pemerintah desa setempat dapat mengatasi permasalahan dasar di wilayahnya. Kemudian dikumpulkan dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Desa Loleng, Kecamatan Kota Bangun (induk).

Sedangkan penanganan sampah jangka panjang. Kecamatan Kota Bangun Darat bakal mendapatkan bantuan kembali dari DLHK Kukar, berupa dua unit armada truk sampah.

Nantinya, sampah-sampah yang dihasilkan seluruh desa di Kota Bangun Darat akan dikumpulkan, kemudian akan diangkut menggunakan truk, dan dibuang di TPA Desa Loleng.

“Untuk jangka panjang, kami punya progres pengangkutan sampah yang akan ditangani DLHK, dengan menyerahkan armada truk sampah sebanyak 2 unit,” tutup Zulkifli. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar