Rakor Akselerasi Pengembangan Kompetensi SDM Dihadiri Asisten III Pemkab Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 30 Apr 2024 12:00 WITA
Rakor Akselerasi Pengembangan Kompetensi SDM Dihadiri Asisten III Pemkab Kukar Rapat Koordinasi dengan Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Rapat Koordinasi dengan Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur serta Instansi terkait, dan juga turut hadir Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Dafip Haryanto.

Agenda Rakor tersebut mengambil tema “Akselerasi Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Mewujudkan Smart ASN Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, bertempat di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan, pada Senin kemarin.

Acara dibuka oleh PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik di dampingi oleh Kepala BKPSDM Kaltim Nina Dewi dan Muhammad Taufiq Plt Kepala LAN RI selaku Narasumber dengan materi Tranformasi pengembangan kompetensi ASN dalam mendukung percepatan Implementasi UU 20 Tahun 2023.

Untuk sesi ke Dua dilanjutkan oleh narasumber dari BKPSDM Kemendagri Gunawan, yang merupakan Widyaiswara ahli utama dengan materi Kebijakan pengembangan kompetensi ASN di Pemerintahan Daerah, dan dilanjutkan dengan narasumber dari Direktorat Pendapatan Daerah Kemendagri yaitu Ni Putu Myari Artha Analisis Keuangan Pusat dan Daerah dengan materi Kebijakan Pendapatan Daerah dan pengembangan Kompetensi ASN.

Saat ditemui usai acara Dafip Haryanto mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan rapat koordinasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se Kalimantan Timur terkait dengan akselerasi peningkatan kompetensi SDM dan rangka mencapai smart ASN tahun 2045.

Pada kesempatan ini juga hadir beberapa narasumber untuk duduk bersama-sama melihat kebijakan pemerintah pusat terhadap akselerasi peningkatan kompetensi SDM ASN.

Menurutnya pertemuan ini diharapkan kedepannya akan terjadi pola penyederhanaan dan juga digitalisasi pengembangan kompetensi bagi ASN.

“Hal itu yang sebenarnya patut didorong di pemerintah provinsi dan juga Kabupaten/kota dan harus ada semacam pilot project untuk memetakan kompetensi ASN yang ada di perangkat daerah," ungkapnya.

Ia juga menerangkan bahwa harapan besar dari PJ Gubernur adalah untuk mendorong BPSDM Kaltim untuk berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten/kota dengan bersama-sama mewujudkan pemetaan ASN dengan melakukan kompetensi SDM menjadi SDM yang unggul bagi mencapai visi dan misi dari pemerintah Republik Indonesia.

Menurut Dafip, BKPSDM Kukar sudah mulai melakukan pemetaan dan saat ini tinggal melakukan sinergi dan juga mendorong pemetaan tersebut untuk mewujudkan pencapaian dan fokus kinerja ASN dalam rangka mewujudkan akselerasi dari kompetensi ASN. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar