34 Pataka Se Indonesia Dibawa Ke Titik Nol IKN Pada Acara Kirab Pemuda Nusantara

Muhammad Akbar | Kamis, 27 Okt 2022 12:00 WITA
34 Pataka Se Indonesia Dibawa Ke Titik Nol IKN Pada Acara Kirab Pemuda Nusantara -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG –Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94 tahun, kali ini digelar Kirab Pemuda Nusantara yang diberangkatkan dari Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara di Tenggarong dengan membawa 34 Pataka dari seluruh Provinsi di Indonesia menuju Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN). Kamis (27/10/2022). 

Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh yang juga Ketua Panitia Nasional Hari Sumpah Pemuda ke-94 menyampaikan bahwa Kirab Pemuda Nusantara adalah perjalanan sejarah yang secara simbolik menyambungkan sejarah masa lalu dan masa depan.

Kukar merupakan sejarah kejayaan Nusantara di masa lalu yang sudah tertoreh dalam lembaran sejarah.

“Dari sejarah imperium nusantara masa lalu, pemuda di Indonesia akan bergerak menuju sejarah nusantara masa depan. Ibu Kota Nusantara adalah tonggak sejarah masa depan,” ujarnya.

Dijelaskannya Kirab Pemuda Nusantara tahun ini diikuti unsur pelajar dan mahasiswa dari 34 provinsidi Indonesia.

“Kirab ini dilakukan dengan 14 mobil yang membawa pataka dari 34 provinsi dari Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara menuju Titik Nol Ibu Kota Nusantara.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damanysah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI yang menjadikan Kukar sebagai lokasi Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tahun ini.

Menurutnya, ini adalah suatu kehormatan bagi Kukar yang terpilih sebagai titik awal Kirab Pemuda Nusantara menuju IKN. Saya berharap para pemuda untuk bersama-sama menguatkan tekad dan semangat menuju masa depan baru yang lebih baik.

“Untuk itu pemuda dan pemudi Kukar harus terus mengembangkan kreatifitas, disiplin, dan rajin menuntut ilmu,” ucapnya.


Tinggalkan Komentar