Bupati Bersama Poktan Karya Tani Bangun Rejo Panen Padi Organik

Amril Ibnu Marzuki | Rabu, 06 Mar 2024 12:00 WITA
Bupati Bersama Poktan Karya Tani Bangun Rejo Panen Padi Organik Bupati Kukar Edi Damansyah Lakukan Panen Padi Organik Bersama Poktan Karya Tani Bangun Rejo

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Poktan Karya Tani Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, melakukan panen padi organik, kemarin sore. 

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Plt Asisten II Wiyono, Kadistanak Muhammad Taufik, Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, Kades Bangun Rejo Yuyun Porwanti, dan Ketua Poktan Karya Tani Abdul Manaf serta tokoh agama dan masyarakat setempat.

Edi bersyukur bersyukur tanaman padi kelompok tani di desa Bangun Rejo hasilnya baik yakni jenis Inpari 32. Karena, kata Bupati di beberapa tempat dengan kondisi alam (cuaca) ada yang gagal panen.

“Alhamdulillah di Kukar khususnya Tenggarong Seberang, aktivitas para Poktannya berjalan baik. Salah satunya Poktan Karya Tani desa Bangun Rejo yang di Ketuai oleh Abdul Manaf,” ujarnya.

Bupati minta Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Wiyono dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar M Taufik agar tangani masalah yang dihadapi para petani.

“Permasalahan petani kita adalah saluran Irigasi (pengairan) dan jalan Usaha Tani. Untuk itu segera ditangani dengan baik,” tegas Bupati.

Hal itu adalah prioritas Pemkab Kukar melalui Dinas terkait untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para petani di Kukar. Supaya bagaimana kekuatan Kukar ini bisa untuk pertanian program pangan. Karena salah satu fokus kerja Pemkab Kukar adalah pertanian. Pertanian itu yang terkait infrastruktur taninya, termasuk yang para Poktan sampaikan ke kami, yaitu saluran irigasi, jalan usaha tani dan juga persiapan embung.

Ia juga berterima kasih dan mengapresiasi kepada para kelompok tani khususnya di desa Bangun Rejo yang aktivitasnya sangat tinggi sebagai penopang ekonomi keluarga.

Di Penghujung acara, dilakukan pembacaan doa dan pemotongan Nasi Tumpeng oleh Bupati Kukar, sebagai tanda rasa syukur atas panen padi sawah tersebut. Dan potongan tumpeng diberikan kepada Abdul Manaf, ketua Poktan Karya Tani. (Adv/Kominfokukar)


Tinggalkan Komentar