Bupati Kukar Minta BUMDes Jeli Melihat Potensi Desa Untuk Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Muhammad Akbar | Jumat, 29 Okt 2021 12:00 WITA
Bupati Kukar Minta BUMDes Jeli Melihat Potensi Desa Untuk Gerakkan Ekonomi Masyarakat Edi menginginkan BUMDes yang ada bisa bergerak sendiri-sendiri dan tidak terpaku sebagai suatu unit usaha simpan pinjam semata.

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Bupati Kukar, Edi Damansyah meminta seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di wilayah Kukar, khususnya di Kecamatan Muara Badak, jeli dalam melihat berbagai peluang maupun potensi desa untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa.

Hal tersebut dikatakannya saat meninjau BUMDes Sapu Lidi, desa Muara Badak Ulu kecamatan Muara Badak, pada Jumat (29/10/2021) lalu.

Edi menginginkan BUMDes yang ada bisa bergerak sendiri-sendiri dan tidak terpaku sebagai suatu unit usaha simpan pinjam semata. Akan tetapi juga harus mampu menangkap peluang-peluang usaha lainnya. 

"Jangan hanya terpaku bahwa BUMDes hanya suatu unit simpan pinjam saja, namun bagaimana BUMDes bisa berkembang dengan mengembangkan potensi besar yang dimiliki dengan ekonomi produktif lainnya, dan menangkap peluang pasar modern maupun ekspor produksi sektor sekunder" kata Edi.

Dalam pengelolaan BUMDes khususnya pada kegiatan membangun ekosistem layanan dan usaha berdaya saing dalam menangkap potensi yang dimiliki desa, menurut Edi hendaknya para pengelola harus benar benar fokus, serius dan komitmen. Selain itu, BUMDes yang ada juga hendaknya maju bersama-sama dalam mengembangkan ekonomi desa.

Edi berharap dapat dirumuskan strategi yang optimal untuk meningkatkan perekonomian, pendapatan, dan pengelolaan potensi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat

Ketua BUMDes Bina Mandiri, Desi mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kunjungan dan dukungan terhadap BUMDes Bina Mandiri oleh Pemkab Kukar. (Adv)


Tinggalkan Komentar