Bupati Kukar Minta Peran LPM Harus Ditingkatkan

Amril Ibnu Marzuki | Jumat, 20 Okt 2023 12:00 WITA
Bupati Kukar Minta Peran LPM Harus Ditingkatkan Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XX Tingkat Provinsi Kaltim

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XX Tingkat Provinsi Kaltim yang diperingati di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengumpulkan seluruh Ketua LPM se-Kaltim. 

"Kelembagaan LPM tidak hanya secara kelembagaan tetapi yang sangat diharapkan bagaimana peran dan fungsi LPM itu sendiri bisa terus ditingkatkan dan dikuatkan secara bersama-sama di Provinsi Kaltim dan Kabupaten Kukar khususnya," demikian dikatakan Bupati Kukar Edi Damansyah pada acara pembukaan BBGRM ke XX se Kaltim. 

Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XX Tingkat Provinsi Kaltim di lapangan Bola Kecamatan Muara Badak, dibuka langsung Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Dr. Akmal Malik, pada Kamis kemarin.

Dikatakan Edi Damansyah LPM harus terus didorong agar penguatan peran dan fungsi LPM di desa - desa bisa saling bersinergi dengan lembaga lainnya. 

"Mari bersama - sama lakukan evaluasi yang berkaitan dengan peran dan fungsi yang dikerjakan di wilayahnya masing - masing seperti tag line kita betulungan etam bisa jika dilakukan secara bergotong royong maka semua permasalahan bisa diatasi bersama," ungkap Edi. 

Dalam rangka penguatan dan penyelenggaraan pemerintahan desa di Kukar dilakukan penguatan fiskal selain dari dana ADD dan bantuan pangan khusus juga dilakukan penguatan melalui RT mendapatkan dana 50 juta per RT sudah berjalan dengan baik. 

 "Peran fungsi ketua dan anggota BPD dalam bentuk fasilitasi penguatan SDM. Untuk itu dituntut LPM diKukar bisa saling bersinergi dalam Rumah Besar pengentasan kemiskinan yang terus berjalan," ucapnya. 

Di Kukar sendiri telah ada penurunan kemiskinan walaupun turunnya tidak signifikan. Tetapi memastikan bahwa yang telah dikerjakan memerlukan konsisten bersama baik ditingkat Kabupaten, kecamatan, Kelurahan dan Desa termasuk LPM. 

 "Apresiasi dan terima kasih pada LPM, semoga melalui momentum ini peran fungsi LPM bisa optimal dan bersinergi dengan semua stakeholder yang ada di daerah masing - masing sehingga bisa memberikan manfaat pada masyarakat," harapnya. 

Selain dilakukan pemukulan kentungan bersama dan penyerahan simbolis peralatan gotong royong, sebelumnya dilakukan kunjungan ke UMKM Kecamatan Muara Badak, juga dilakukan penanaman pohon bersama Forkopimda Provinsi Kaltim. Dilanjutkan pemeriksaan kesehatan di posko PMI. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar