Diskominfo Kukar Gerakkan KIM, Dongkrak Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif

Muhammad Akbar | Selasa, 24 Nov 2020 12:00 WITA
Diskominfo Kukar Gerakkan KIM, Dongkrak Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kutai Kartanegara, Ahmad Rianto

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kukar menggerakkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai upaya menggali potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kutai Kartanegara (Kukar).

Semua anggota KIM di berbagai desa di Kukar, diberikan pelatihan maksimal untuk menjadi pemberi informasi yang dapat diandalkan dalam informasi potensi wisata dan ekonomi kreatif di daerahnya.

Kemudian melalui media sosial, KIM diharapkan mampu bekerja ekstra mendongkrak potensi – potensi Kabupaten Kukar dari segala lini dengan hasil yang tidak mengecewakan, sehingga dapat dilirik oleh wisatawan lokal dan bahkan mancanegara.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kutai Kartanegara, Ahmad Rianto menjelaskan, pelatihan pengelolaan informasi hingga tingkat desa terus dilakukan. Upaya ini mendorong warga desa memaksimalkan semua akses informasi untuk mempromosikan desanya.

“Desa Muara Muntai Ulu adalah salah contoh desa yang berhasil dalam pengembangan KIM itu dan kini mereka mulai merasakan hasilnya,” kata Rianto.

Lanjut kemudian Rianto, KIM yang dibentuk di desa ini mayoritas diisi oleh ibu rumah tangga, namun mereka tidak hanya direstoran terapung, tapi mereka juga terus mempromosikan hasil karyanya mulai dari kerajinan tangan hingga produk olahan makanan ringan.

“Kita mendorong masyarakat untuk sadar informasi melalui kelompok ini dengan terus melakukan pembinaan. Tak hanya mempromosikan apa yang sudah ada dan sedang dikerjakan, namun juga mendiskusikan potensi yang mereka punya agar diketahui publik,” papar Rianto.


Tinggalkan Komentar