DiskopUKM Bakal Beri Pelatihan dan Pendampingan Pelaku Usaha Untuk Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing 

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 23 Apr 2024 12:00 WITA
DiskopUKM Bakal Beri Pelatihan dan Pendampingan Pelaku Usaha Untuk Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing  Pelatihan dan Pendampingan Pengusaha Lokal di 20 Kecamatan

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Koperasi dan UKM (DiskopUKM) Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bakal memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pengusaha lokal di 20 kecamatan.

Kabid Pemberdayaan UKM, DiskopUKM Kukar, Fathul Amin mengatakan, langkah ini diambil sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas dan daya saing UKM di Kukar, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal.

"Dalam prosesnya kita pakai dua pola. Pertama kita langsung on the spot di kecamatan, kita undang calon pelaku usaha. Kedua by event, mengadakan misalkan keterlibatan expo pameran UMKM di acara pemda, Erau, dan festival/event," ujar Fathul. 

Dengan memberikan pelatihan dan pendampingan langsung di kecamatan, diharapkan para pelaku UKM dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka secara berkelanjutan.

"Karena memang dari DiskopUKM sendiri upaya sudah cukup maksimal sampai saat ini. Saya kira dengan kemauan UMKM itu yang memulai, bagaimana usaha itu bisa berkembang, tentu tidak cukup peran dari pemerintah saja,” ungkapnya. 

Fathul berharap, kegiatan ini akan mendorong terciptanya iklim usaha yang lebih kondusif dan memberikan dorongan bagi pertumbuhan ekonomi di setiap kecamatan.

Selain itu, melalui pendekatan langsung ke lapangan, diharapkan dapat terjalin sinergi yang kuat antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal.

"Kita tidak berharap pelaku usaha itu selalu berharap bantuan, pelatihan dari pemerintah, fasilitas dan sebagainya. Kita berharap itu hanya sebagai pemancing pelaku UMKM agar mampu berkembang sendiri, hingga ke peningkatan perekonomian dia dan keluarganya, itu yang kita harapkan," harapnya. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar