Dukung Pencengahan Stunting, DWP Kukar Gelar Seminar

Amril Ibnu Marzuki | Rabu, 11 Okt 2023 12:00 WITA
Dukung Pencengahan Stunting, DWP Kukar Gelar Seminar Seminar Pembangunan Kesehatan Mendukung Pencengahan Stunting 

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan jajaran Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kutai Kartanegara (Kukar) khususnya pada bidang sosial budaya yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar seminar pembangunan kesehatan mendukung pencengahan stunting. 

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala DP3A Kukar yang diwakili Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Kualitas Keluarga, Data dan Informasi Chalimatus Sakdiah, berlangsung di Grand Elty Singgasana Tenggarong, Selasa (10/10/2023). 

Dalam sambutan Chalimatus Sakdiah mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan rencana kerja DP3A tahun anggaran 2023 yang telah terprogram dalam kegiatan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan dengan sub kegiatan sosialisasi partisipasi perempuan di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi.  
Adapun tema kegiatan yaitu peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengurus DWP Kabupaten Kukar dengan menuju perubahan perilaku keluarga menuju percepatan pencegahan stunting. 

Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Hal ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang.
 
Ditambahkannya, bahwa isu kesetaraan gender serta isu perempuan dan anak lainnya saling berkaitan satu sama lain, salah satunya isu tumbuh kembang anak usia dini yaitu stunting.

“Untuk mencetak generasi emas dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing, sangatlah penting bagi kita memberi perhatian pada tumbuh kembang anak. pada masa ini, anak mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam berbagai aspek, yang menentukan kualitasnya pada masa depan," terangnya. 

Sementara itu, Ketua darma Wanita Persatuan Kukar Yulaikah Sunggono mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap para peserta dapat mengikuti dan memahami materi yang di berikan. 

"Sebagai organisasi istri ASN harus mengetahui masalah stunting ini, kita juga dituntut untuk menjaga kesehatan dan ketahanan keluarga, serta tumbuh kembang anak sesuai dengan salah satu misinya memperkuat peran perempuan dalam pembangunan keluarga dan nasional," ujarnya. 

Sedangkan menurut Ketua panitia pelaksana Aji Hendrete Nadia Noraini mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah anggota DWP unsur pelaksana OPD dan Kecamatan se Kukar guna mengurangi percepatan angka stunting agar menciptakan generasi Indonesia yang unggul, serta meningkatkan pengetahuan kepada anggota DWP tentang stunting dan penyebab gejalanya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar