Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kaltim 2024 di Ikuti Pemkab Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 23 Apr 2024 12:00 WITA
Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kaltim 2024 di Ikuti Pemkab Kukar Forum Koordinasi Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kaltim Tahun 2024

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Asisten II Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadianur Diani menghadiri forum koordinasi rapat kerja daerah program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting Provinsi Kaltim tahun 2024 di Hotel Mercure Samarinda, Senin (22/4/2024) kemarin.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim dengan tema “Optimalisasi Bonus Demografi Dan Peningkatan SDM Menuju Indonesia Emas 2045" dibuka oleh Sekretaris Utama BKKBN Republik Indonesia Tavip Agus R.

Acara juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan DAK Subbidang KB dan BOKB tertinggi tahun 2023. Dan penyerahan secara simbolis alokasi DAK dan BOKB tahun anggaran 2024 kepada kabupaten dan kota se-Kaltim, yang diserahkan oleh Sekretaris Utama BKKBN Republik Indonesia Tavip Agus R. Serta penandatanganan MoU dan perjanjian kerjasama oleh kepala perwakilan BKKBN Kaltim Dr Sunarto dengan kabupaten, kota dan mitra kerja.

Adapun DAK dan BOKB TA 2024 yang diterima Kabupaten Kukar sebesar RP 7.9 M.

Kepala perwakilan BKKBN Kaltim Dr. Sunarto dalam laporannya mengatakan dengan tema yang ada dirinya mengajak seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kaltim untuk memastikan bahwa pada tahun 2045 generasi Kaltim menjadi generasi yang unggul.

Sunarto mengatakan sejalan dengan peraturan Presiden No. 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, BKKBN ditugaskan sebagai koordinator dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

Menurutnya, untuk di wilayah Kaltim sendiri BKKBN telah melakukan berbagai langkah strategis, dengan fokus pada penguatan kerjasama antar-lembaga dan pemerintah daerah.

“Kegiatan kita pada hari ini kami mengusung tema optimalisasi bonus demografi dan peningkatan sumber daya manusia menuju Indonesia emas 2045, pastikan bahwa tahun 2045 generasi Kalimantan Timur betul-betul menjadi generasi yang unggul,” ungkap Dr. Sunarto.

Lebih lanjut, dirinya mengapresiasi atas komitmen dan keseriusan seluruh kabupaten dan kota yang ada di provinsi Kaltim dalam upaya pengentasan stunting di masing-masing daerah.

“Saya tidak meragukan sedikit pun komitmen, karena pada hari ini kehadiran bapak ibu merupakan bukti kita punya komitmen yang nyata,” ujar Dr. Sunarto.

Dr Sunarto berharap melalui momentum forum koordinasi tersebut komitmen seluruh pemangku kepentingan dan mitra kerja yang berada di kabupaten dan kota di Kaltim semakin menguat, khususnya dalam mensukseskan program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting di Provinsi Kaltim.

“Penanganan stunting paling efektif saat dilakukan di tingkat desa dan kelurahan, dekat dengan masyarakat, peran aktif BKKBN di tingkat lokal merupakan kunci untuk mengurangi stunting secara signifikan,” pungkasnya.(Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar