Mal Pelayanan Perempuan dan Anak Segera Dihadirkan DP3A Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 27 Apr 2024 12:00 WITA
Mal Pelayanan Perempuan dan Anak Segera Dihadirkan DP3A Kukar Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Khusus Anak (PP2KA), Marhaini

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Ada terobosan baru untuk menghadirkan Mal Pelayanan Perempuan dan Anak (MPPA) yang akan dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).
 
Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Khusus Anak (PP2KA), Marhaini membeberkan bakal merampungkan pembangunan MPPA di 2024. 

Gedung MPPA ini berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong. Jika tak ada halangan berarti, MPPA akan meresmikan keberadaan MPPA dan mulai mengoperasikannya pada April ini. 

“Di bulan ini insya Allah kita rampungkan, masih menunggu sarana prasarana, serta MoU dengan OPD lainnya,” ucapnya, Jumat kemarin.

Dihadirkannya MPPA ini untuk memberikan layanan terpadu terhadap pengaduan kekerasan kepada perempuan dan anak melalui tenaga psikolog. Keberadaan MPPA nantinya akan disosialisasikan di setiap desa/kelurahan dan sekolah-sekolah sebagai bentuk promosi secara edukatif.

“Pihak kami juga melaksanakan studi tiru di Jogja untuk pembuatan website pembinaan dan pengaduan,” bebernya. 

Selanjutnya, DP3A juga akan membuat website yang nantinya bisa diakses secara berkala oleh masyarakat umum, sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak. Sehingga bisa melakukan pengaduan dan pelaporan melalui website, khususnya bagi masyarakat yang tinggal jauh dari ibu kota kabupaten. 

Dia berharap, program ini nantinya bisa membantu masyarakat Kukar dalam mengatasi kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar