Peringatan Hari Kartini ke 145 di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 30 Apr 2024 12:00 WITA
Peringatan Hari Kartini ke 145 di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar Syukuran Peringatan Hari Kartini ke 145

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Asisten I Bidang Pemerintahan pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat menghadiri Syukuran Peringatan Hari Kartini ke 145, Selasa (30/4/2024) di Ruang Serbaguna Batara Agung Dewa Sakti Kantor Bupati Kukar.

Acara diawali dengan pembacaan puisi oleh Zahrahtul Jannah Siswi SMPN 2 Tenggarong dan peringatan kali ini juga diisi dengan Talkshow yang bertema “Menjadi generasi Penerus Kartini yang unggul dan berkualitas”, dengan Nara sumber Novita Fitrina dan host Dwi Rahmawati dari TVRI Samarinda.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar Bambang Arwanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kutai Kartanegara Yulaikah Sunggono, Sekretaris DP3A Kukar Hero Suprayetno, beberapa perwakilan organisasi Wanita dan para siswi remaja.

Dalam Sambutan Bupati Kukar yang dibacakan oleh Asisten I Akhmad Taufik Hidayat mengatakan bahwa ia memberikan penghargaan yang tinggi bagi para perempuan dan ia juga mengucapkan selamat Hari Kartini khususnya kepada seluruh Kaum Perempuan Indonesia yang telah berperan secara proaktif dan positif menjalankan aktifitas untuk mengisi pembangunan.

“Di setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia merayakan hari Kartini untuk menghormati perjungan seorang pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini, Peringatan ini tidak hanya merupakan peringatan akan dedikasi Kartini dalam memperjungankan hak-hak kaum perempuan tetapi juga sebuah kesempatan untuk merenungkan bagaimana visinya terus mempengaruhi dan menginspirasi perempuan Indonesia di era modern,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kartini merupakan seorang tokoh yang hidup pada awal abad ke-20. Kartini memimpin perjuangan untuk memberikan hak Pendidikan dan kemerdekaan kepada perempuan.

Pemikiran-pemikiran tentang kesetaraan dan keadilan gender, kamandirian, dan Pendidikan telah menjadi landasan bagi kemajuan sosial dan ekonomi perempuan Indonesia.

Dihari kartini Tahun 2024 ini, bisa direnungkan bagaimana nilai-nilai yang dianut Kartini masih relevan dan berdampak dalam Masyarakat pada saat ini.

Namun tantangan pun masih ada seperti masih adanya kesenjangan gender yang perlu diatasi terutama dalam akses Pendidikan, kesempatan kerja dan keterwakilan perempuan di level kepemimpinan yang tentunya membutuhkan perjuangan segenap bangsa indonesia agar kesetaraan dan keadilan gender bagi semua dapat terwujud.

“Semua harus memiliki semangat dan pemikiran inspiratif untuk mengambil peran aktif dalam mewujudkan Impian kartini demi terwujudnya Masyarakat yang adil dan Sejahtera dan Marilah terus berjuang, belajar dan bertumbuh Bersama mengikuti jejak kartini dalam meraih kemerdekaan dan kesetaraan yang sejati,” ujarnya. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar