Program Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah Digalakkan Desa Batuah Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Kamis, 18 Apr 2024 12:00 WITA
Program Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah Digalakkan Desa Batuah Kukar Program Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah atau AKAN PISAH RUMAH

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Upaya Pemerintah Desa Batuah di Kecamataan Loa Janan dalam menjaga kebersihan lingkungan wilayahnya, mereka menghadirkan Program Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah atau AKAN PISAH RUMAH. 

Desa Batuah yang sudah mempunyai Bank Sampah bekerja sama dengan Rumah Berkah Limbah Kreatif (RBLK) Batuah, ini terus bekerja dalam pengelolaan sampah.

Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid menilai, program yang mereka hadirkan sangat efektif untuk mengatasi masalah sampah di wilayahnya.

Program AKAN PISAH RUMAH sendiri diisi oleh tim dari tingkat RT, yang akan berurusan dengan pengelola bank sampah. 

"Kita punya Peraturan Desa tentang Lembaga Pengelola Sampah, itu kita rancang dan sudah di terapkan," sebutnya.

Usai peraturan desa diterbitkan pada November 2023, pengelolaan sampah perlahan mulai dijalankan. Awalnya dimulai dari tingkat RT, dengan gerakan bersama kita bertekad pasti bisa.

Ia yakin, program yang akan disusun diyakini akan memberikan efek positif dari program pengelolaan sampah di Desa Batuah.

“Kendala tetap ada, seperti meyakinkan masyarakat bahwa sampah bisa menghasilkan itu cukup sulit, tapi kita terus maju dan tidak kendor semangat, sampai saat ini program itu sudah dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," ucapnya.

Ia mengaku sangat bangga dengan masyarakat atas kerja sama yang sangat baik dalam penanganan sampah. Program AKAN PISAH RUMAH diharapkan dapat dilelola dengan maksimal, dan bisa menambah pendapat warga, serta mendorong warga untuk mengelola sampah.

“Karena kemarin kita anggap sudah berhasil, tahun ini akan terus kita kembangkan sampai benar-benar teratasi semua masalah sampah itu," tutupnya. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar