Puncak Festival Harmony Budaya Nusantara di PPU Dihadiri Sekda Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 04 Nov 2023 12:00 WITA
Puncak Festival Harmony Budaya Nusantara di PPU Dihadiri Sekda Kukar Festival Harmony Budaya Nusantara

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Puncak Festival Harmony Budaya Nusantara yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, di Lapangan Alun-alun Bukit Taruna Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) juga dihadiri Sekda Kukar Sunggono, pada Jumat (3/11/2023). 

Ditemui setelah acara berlangsung, Sunggono sangat bangga dengan penampilan putra-putri Kutai Kartanegara yang membawakan tari Ganjar ganjur yang merupakan tarian dari kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan tari Sekapur Sirih.

Dengan penampilan tersebut tambah Sunggono, terlihat Budaya Kutai Kartanegara menjadi bagian penting dalam mewarnai Budaya Nusantara khusunya di Ibukota negara.

Ia juga menjelaskan persiapan Kutai Kartanegara dalam mempersiapkan Seni dan Budaya serta SDM menuju IKN.

“Secara Khusus Kukar sudah menyiapkan konsep dan sudah di berikan kepada pemerintah pusat (kepada Bapenas dan kementerian terkait) untuk penguatan SDM dan penguatan sumber data lainya di Kutai Kartanegara dan semoga mendapat respon positif,” katanya.

Ia juga berharap kedepannya apa yang menjadi permasalahan Kutai Kartanegara dan permasalahan Ikn bisa saling sharing untuk saling melengkapi.

Sunggono juga menerangkan dari apa yang telah dibacakan dari deklarasi penggiat seni dan Budaya di Kalimantan Timur bahwa seluruh budaya di Kalimantan Timur dan disekitar IKN harus diakomodir dan diimplementasikan oleh otorita IKN dan kemudian sama-sama di hidupkan sesuai dengan apa yang diatur dalam ketentuan pemerintah baik itu undang-undang maupun peraturan pemerintah.

“Ini merupakan peluang bagi penggiat seni dan budaya dimana telah mendapat perhatian penuh dari pemerintah pusat melalui otoritas IKN dan mudah-mudahan penggiat seni Kukar bisa melihat peluang ini untuk memajukan seni dan budaya di Kukar,” harap Sunggono. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar