Tim Shorinji Kempo Kukar Dilepas Sekda Kukar ke Jepang

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 03 Okt 2023 12:00 WITA
Tim Shorinji Kempo Kukar Dilepas Sekda Kukar ke Jepang Pelepasan Atlet Tim Shorinji Kempo World International Kukar

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Tim Shorinji Kempo World International Kabupaten Kutai Kartanegara di lepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono ke Jepang, pada hari Selasa di Ruang serbaguna Kantor Bupati Kukar, (3/10/2023).


Turut hadir dalam pelepasan tersebut Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni Ketua Koni Kukar, Pengurus Besar Persaudaraan Kempo Indonesia(PB Perkemi) Kab Kukar. 
Dalam arahannya Sunggono bersyukur dan merasa bangga tim Kempo Kabupaten Kukar mengikuti kejuaraan Shorinji Kempo World Internasional Studi Session di Tokyo Jepang tahun 2023 ini. 


"Dengan studi session di Tokyo Jepang ini, kenshi - kenshi dari Kutai Kartanegara dapat berpartisipasi dan bertemu, serta bersilaturahmi dengan kenshi -kenshi dari seluruh dunia," ujarnya. 


Dikatakan Sunggono, kempo merupakan salah satu jenis olah raga bela diri dan juga bela mental. Karena di dalam ajaran kempo ditanamkan rasa disiplin yang tinggi serta rasa persaudaraan dan kasih sayang sesama pemain kempo. 


Sesuai dengan doktrin Shorinji Kempo, yaitu sebagian kebahagiaan untuk diri sendiri dan sebagian lagi untuk orang lain. Taklukkan dirimu sebelum menaklukan orang lain. Serta kasih sayang tanpa kekuatan adalah kelemahan dari kekuatan tanpa kasih sayang adalah kezaliman. 


"Hendaknya dapat menjaga kekompakan, kebersamaan dan menjaga nama baik Kabupaten Kutai Kartanegara," imbuhnya.


Dia mengingatkan, kalau sudah di Jepang nanti, para kenshi-kenshi dari Kutai Kartanegara tidak hanya belajar teknik bela dirinya. Tetapi juga memahami dan memaknai filosofinya, jangan dipamerkan, jangan sombong ketika sudah menguasai teknik beladiri kempo. Juga, menang atau kalah dalam suatu kejuaraan merupakan hal yang biasa.  


"Terpenting adalah bagaimana kalian mampu mendapatkan ilmu dan rasa persaudaraan satu sama lain, dan dapat saling memotivasi untuk meraih prestasi di bidang olahraga maupun bidang lainnya," pungkas Sunggono. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar