Wabup Rendi Solihin, Harap Tuan Rumah Jangan Jadi Penonton

Amril Ibnu Marzuki | Kamis, 09 Nov 2023 12:00 WITA
Wabup Rendi Solihin, Harap Tuan Rumah Jangan Jadi Penonton Acara Milad Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kukar ke-30

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Sebagai daerah yang wilayahnya masuk dalam Ibukota Negara (IKN), Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) harus mempersiapkan dalam segala hal termasuk Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam perkembangannya sekarang sudah banyak penduduk pendatang yang mulai berdatangan ke daerah Kukar. Selanjutnya akan ada 3 juta lebih penduduk yang akan masuk Ke Kabupaten Kukar.

“Untuk itu persaingan sudah mulai terjadi dalam segi Sumber Daya Manusia (SDM) dengan para pendatang mulai berkompetisi dengan putra putri asli daerah, sebagai tuan rumah jangan menjadi penonton di daerah sendiri”, kata Wakil Bupati H Rendi Solihin pada acara Milad Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kukar ke 30, berlangsung di MAN 2 Kukar, Kamis (9/11/2023).

Dikatakan Rendi sesuai dengan semboyannya MAN 2 Kukar Mandiri Berprestasi Berbasis Lokal Berwawasan Global akan menjadi motivasi bagi siswa – siswinya agar terus berkembang. Seperti diketahui MAN 2 Kukar salah satu sekolah yang jumlah anak didiknya lebih banyak. Peningkatan SDM yang unggul dan berbudaya sesuai dengan program Kukar Idaman agar bisa melahirkan generasi muda yang berprestasi dan lebih maju.

lebih lanjut Rendi menjelaskan dengan dikenalnya Kabupaten Kukar sebagai wilayah yang kaya diKaltim maupun dikenal diIndonesia, tetapi kekayaan Kukar bersumber dari 3 sumber yaitu, minyak bumi, gas alam dan batubara. Sebagaimana diketahui bersama sekarang, usianya tidak lagi muda dan Kukar 60 persen ditopang APBDnya bersumber dari 3 sumber tersebut.

“Ini menjadi kekhawatiran kita untuk kedepannya bagaimana Kukar bisa bertahan dan eksis agar tetap bisa mensejahterakan masyarakatnya dengan hanya mengandalkan 3 sumber tersebut. Kedepannya Pemkab Kukar melalui Kukar Idaman telah menetapkan untuk meningkatkan sumber daya lainnya seperti SDM, sumber daya pertanian dalam arti luas dan pariwisata serta ekonomi kreatifnya. Diyakini dengan adanya sumber daya tersebut Kukar akan tetap sejahtera”,ucap Rendi.

Kabupaten Kukar mulai mengalami peningkatan sumber daya pertanian dalam artian luas. Kukar sudah menjadi lumbung pangan Kaltim dimana 20 persen APBD Kukar ditopang oleh sumber daya pertanian dalam arti luas. “Diperlukan inovasi – inovasi baru dalam meningkatkan pendapatan daerah begitupula dengan peningkatan SDM di setiap lembaga, instansi dan sekolah. Dalam hal ini MAN 2 Kukar sudah banyak berinovasi dalam prestasi yang diraih dan itu harus terus ditingkatkan lebih lagi”,ungkapnya.

Ia berharap agar MAN 2 Kukar bisa melahirkan siswa siswi yang unggul dan berkualitas yang siap bersaing di daerah sendiri.”Seperti harapan kita bersama SDM sangatlah penting demi kemajuan suatu daerah”,tutupnya.

Acara peringatan Milad ke 30 MAN 2 Kukar dirangkai dengan pemberian hadiah kepada 2 orang siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari Wakil Bupati H Rendi Solihin berupa handphone dan sepeda. Kemudian penyerahan hadiah bagi pemenang lomba – lomba yang digelar oleh MAN 2 Kukar dalam rangka milad ke 30.

Selanjutnya acara ditutup dengan pelepasan balon ke udara dan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati H Rendi Solihin dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi kaltim H Abdul Khaliq didampingi Kepala Sekolah MAN 2 Kukar Ummi Puji Astutik, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim H Mohlis, Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Kukar H Nasrun, Ketua Komite MAN 2 Kukar Hartono dan Camat Tenggarong Sukono. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar