Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Mendorong Petani Jagung Agar Terus Tanam Jagung

Muhammad Akbar | Sabtu, 16 Apr 2022 12:00 WITA
Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Mendorong Petani Jagung Agar Terus Tanam Jagung Foto; Tampak Bupati Kutai Kartanegara Edy Damansyah Bersama Wabup Rendi Solihin Saling Memegang Jagung

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kedatangan rombongan bupati Edi Damansyah di lokasi pertanian jagung disambut Ketua Kelompok Muhajir bersama anggota Kelompok Tani Wanita (KWT) Mulawarman lainnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Wakil Bupati Rendi Solihin, melakukan kunjungan dilokasi pertanian Jagung di Kecamatan Tenggarong Seberang, tepatnya di area kawasan HTI, Sabtu (16/4/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Kukar, disambut langsung oleh ketua kelompok tani bersama anggota kelompok tani wanita (KTW) dan anggota kelompok tani lainnya yang ada di wilayah Mulawarman.

Hamparan lokasi pertanian di kecamatan Tenggarong Seberang, di Desa Mulawarman, cukup memukau dengan terlihat tanaman jagung diatas lahan seluas 100 H yang sudah siap panen.

Dikesempatan itu, Bupati Kukar Edi Damansyah, bertanya kepada kelompok tani Jagung, bahwa dalam satu hektarnya bisa menghasilkan berapa ton jagung?. lalu ketua kelompok menjawab, dalam satu hektarnya bisa menghasilkan 5,7 ton jagung siap jual.

“Saya sangat bangga mendengar jawaban ketua kelompok tani jagung (Muhajir) dan kemudian optimis perkembangan jangung di Kukar akan semakin menjanjikan dan peluangnya pun sangat terbuka lebar terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat.” ungkapnya. 

“Saya katakan bahwa, teruslah semangat dan jangan ragu untuk menanam jagung. Ini potensi yang sangat menjanjikan dari segi ekonomi,” kata Edi Damansyah menyemangati kelompok tani setempat termasuk para KTW yang hadir.

Ditambahkan bupati Edi Damansyah bahwa pemerintah telah bekerjasama dengan semua pihak dalam pengembangan jagung hibrida di Kutai Kartanegara termasuk dengan PT. Indoditas Duta Raya sebagai pembeli jagung hasil panen masyarakat.

“Saya melihat jagung ini potensinya sangat besar dan dapat terus dilanjutkan pengembangannya, dengan pola kolaborasi baik antara pemerintah, dunia usaha dan kelompok tani sendiri. Saya juga mengapresiasi jajaran dunia usaha yang sudah memberikan pembinaan bagi kelompok tani, dan terus ditingkatkan dengan baik,” pintanya.

Bupati juga mengimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Kutai Kartanegara agar terus semangat terutama dalam mengembangkan dan menanam jagung hibrida yang sangat menjanjikan dari segi ekonomi. (adv/prokomkukar)


Tinggalkan Komentar