Edi Damansyah: Lantik 4 BPD Secara Virtual

Muhammad Akbar | Senin, 09 Agu 2021 12:00 WITA
Edi Damansyah: Lantik 4 BPD Secara Virtual Bupati Kukar Edi Dmansyah.

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, melantik pengurus 4 BPD periode 2021 – 2027, dari dua kecamatan secara virtual di ruang serba guna kantor Bupati Kukar. (09/8/2021) 

Adapun BPD yang dilantik, yakni Desa Melintang, Desa Lebak Cilong, BPD Desa Enggelam Kecamatan Muara Wis, dan Desa Sebulu Modern Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Dijelaskan Bupati, ada tiga fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa. 

"BPD sebagai lembaga legislatif desa harus mampu menyiapkan aturan yang mengarahkan pelaksanaan, pembangunan, dan pemerintahan sesuai dengan prinsip-prinsip good governance" ucap Bupati Kukar Edi Dmansyah.

Lanjut ditambahkan, bahwa pemerintah desa dan BPD adalah sebuah kekuatan yang saling bersinergi untuk membangun desa, keduanya perlu berkomunikasi agar apa yang dimusyawarahkan bisa bermanfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa.

Dimasa pandemi covid 19 ini, Edi menjelaskan penanganan covid 19 di desa merupakan hal yang harus diperhatikan, dimulai dari adanya komitmen keselamatan kesehatan masyarakat dan antisipasi terhadap dampak sosial dan ekonomi warga desa.

"Masyarakat melalui BPD dapat mendorong kepala desa dan perangkat desa untuk lebih transparan, partisipatif, akuntabel, dan responsif gender dalam penanganan covid-19 di desa" jelasnya.

BPD dapat melakukan inisiasi pembahasan perubahan APB-Desa untuk penanganan covid-19 melalui mekanisme formal musyawarah desa dengan mempertimbangkan protokol kesehatan. 

"Perubahan itu yakni refocusing dan realokasi APB-Desa khususnya yang bersumber dari Dana Desa yang dapat dipergunakan untuk tiga hal, yaitu pencegahan dan penanganan covid-19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT)-Dana Desa" tandasnya.

Pelantikan BPD 4 desa secara virtual itu dihadiri Assisten I bidang Humas dan Kesra M. Taufik Hidayat, dan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dafip Haryanto. (adv)


Tinggalkan Komentar