Disdukcapil Kebut Perekaman e-KTP, Jemput Bola dan Kerja Lembur

Muhammad Akbar | Sabtu, 28 Nov 2020 12:00 WITA
Disdukcapil Kebut Perekaman e-KTP, Jemput Bola dan Kerja Lembur Kepala Disdukcapil Kukar : M. Iryanto

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengebut melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP) khususnya untuk menyasar usia 17 tahun atau pemilih pemula.

Kepala Disdukcapil Kukar, M Iryanto mengatakan siap mensukseskan pesta demokrasi di Kukar dengan meningkatkan jumlah pencetakan KTP yang dijadikan sebagai salah satu syarat bagi warga Kukar untuk mempergunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang. 

"Sejak tiga bulan lalu sampai sekarang, kita lakukan percepatan layanan, baik perekaman maupun pencetakan dengan layanan jemput bola dan kerja lembur di hari libur cuti bersama," kata Iryanto. Sabtu (28/11/2020).

Strategi jemput bola ke Kecamatan-kecamatan yang terjadwal setiap pekannya menjadi cara efektif untuk meningkatkan kepemilikan KTP-el bagi masyarakat Kukar. Berkat strategi ini pulalah, Disdukcapil tidak ditegur oleh Dirjen Disdukcapil pusat dalam hal kinerja pemenuhan administrasi kependudukan.

"Berdasarkan evaluasi dari Disdukcapil pusat, Kukar tidak termasuk yang ditegur karena tingginya warga yang belum rekam data kependudukan,"katanya. 

"Total jumlah KTP-el yang sudah tercetak per 27 November, sebanyak 152.035 keping,"tambahnya. 

Dalam perekaman KTP, pihaknya tetap menerapkan strategi pelayanan publik yang tepat pada situasi kondisi pandemi Covid-19. Iryanto menuturkan, upaya yang telah dilakukan Disdukcapil ini hendaknya turut didukung oleh seluruh masyarakat Kukar, khususnya bagi masyarakat yang belum memiliki KTP. 

“Kami berharap kepada masyarakat segera melakukan perekaman dan pro aktif untuk datang ke dinas atau ke Kantor Camat masing-masing untuk melakukan perekaman.”terang Iryanto. (Adv)


Tinggalkan Komentar