Bappeda Bersama Pansus RPJMD Bahas 9 Program Prioritas Wali Kota Balikpapan

Usman | Senin, 02 Agu 2021 12:00 WITA
Bappeda Bersama Pansus RPJMD Bahas 9 Program Prioritas Wali Kota Balikpapan Pembahasan 9 program prioritas adalah langkah awal perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan dalam RPJMD Tahun 2021 – 2026.

gerakanaktualnews.com, Balikpapan – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan mulai membahas dari 9 program prioritas visi dan misi Wali Kota yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

Menurut kepala Bappeda Kota Balikpapan, Agus Budi. pembahasan 9 program prioritas adalah langkah awal perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan dalam RPJMD Tahun 2021 – 2026.

“Ini kan baru pembahasan untuk rancangan awal,” ujar Kepala Bappeda Kota Balikpapan Agus Budi usai rapat dengan Pansus RPJMD DPRD pada Senin (02/08/2021).

Pada kesempatan rapat tersebut, banyak hal yang dipertanyakan oleh anggota dewan, misalnya laju pertumbuhan ekonomi yang mungkin menurut pansus perlu dicek lagi, apakah tidak terlalu tinggi.

“Kemudian untuk asumsi APBD yang dicantumkan dalam rencana awal itu juga perlu dilakukan pengecekan kembali, saya kira bagus saja,” ucapnya.

Menurutnya, Pansus juga meminta penjelasan terkait 9 program prioritas yang tertuang dalam RPJMD. Mulai dari penanganan banjir, BPJS Kesehatan hingga pendidikan.

“Termasuk pendalaman terhadap beberapa program prioritas. Jadi kan intinya pansus meminta penjelasan, yang kita tuangkan itu bagaimana,”ujarnya

Untuk BPJS Kesehatan apakah hanya berbentuk subsidi atau seluruhnya gratis. Karena akan menjadi acuan bagi Pansus DPRD untuk mengeluarkan rekomendasi kepada Wali Kota.

“Tapi tugas kami adalah membuat rumusan, sasarannya sekian, alokasi anggaran maksimal sekian untuk setiap tahun,” terangnya.

“Masalah nanti konsepnya apakah betul-betul 100 persen gratis atau subsidi nanti dari Pansus akan memberikan rekomendasi, tapi harus ada persetujuan dari Wali Kota,”

Begitupun soal pendidikan, terkait pakaian seragam maupun uang SPP. Pansus meminta penjelasan. Namun Agus Budi memastikan, belum dialokasikan dalam APBD Perubahan tahun ini. (adv)


Tinggalkan Komentar