Anggaran Pertanian Tetap Prioritas, Sebut Muhammad Samsun

Wahyu Retno | Rabu, 25 Okt 2023 12:00 WITA
Anggaran Pertanian Tetap Prioritas, Sebut Muhammad Samsun Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Meningkatnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Timur tahun 2024 menjadi sebesar Rp 20,67 Triliun. Selain sektor pendidikan yang sudah pasti dialokasikan sebesar 20 persen APBD, sektor pertanian juga perlu mendapat perhatian ditingkatkan anggarannya. 

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, dia akan berusaha memperjuangkan sektor pertanian mendapat kucuran anggaran yang lebih besar, mengingat Kaltim merupakan salah satu daerah pertanian.

Hal tersebut untuk pengusulan menaikkan anggaran untuk sektor pertanian, menjadi permintaan khusus dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim.

“Peningkatan anggaran ini memang permintaan kami. Seluruh fraksi yang ada di DPRD Kaltim meminta agar anggaran untuk sektor pertanian ditambah,” kata Samsun saat ditemui awak media di Gedung DPRD Kaltim.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini menguraikan alasan mengapa Kaltim harus mengejar produksi dari sektor pertanian. Alasan penting di balik permintaan ini, salah satunya adalah keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian Kaltim.

Sebab, sampai saat ini Kaltim masih bergantung pada pasokan dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan pertanian daerah. Hal ini membuat Kaltim terbatas untuk memenuhi kebutuhan hasil pertaniannya sendiri.

“Kami proyeksikan, sektor pertanian akan menjadi sektor unggulan dikemudian hari,” ujarnya.

Samsun mengatakan, sektor pertanian di Kaltim punya prospek pasar yang cukup baik. Bahkan jangkauannya pun luas. Apalagi, menjelang hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN), di mana terjadi pertambahan jumlah penduduk yang seluruhnya membutuhkan ketersediaan pangan. (adv/dprdkaltim).


Tinggalkan Komentar