Bagus Susetyo Singgung Kedaulatan Pangan, Pada Raker Dengan Dinas PUPR-Pera

Wahyu Retno | Sabtu, 11 Nov 2023 12:00 WITA
Bagus Susetyo Singgung Kedaulatan Pangan, Pada Raker Dengan Dinas PUPR-Pera Anggota DPRD Kaltim, Bagus Susetyo

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Konsep Kaltim Berdaulat yang pernah dicanangkan oleh Gubernur Isran Noor bersama Wagub Hadi Mulyadi masih membekas sampai sekarang. Bahkan politisi Partai Gerindra, Bagus Susetyo, menyinggung kembali program ‘kedaulatan pangan’.

Saat rapat kerja Komisi III DPRD Kalimantan Timur dengan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kaltim, salah satu yang disinggung Bagus adalah kedaulatan pangan, yang sumbernya berasal dari visi dan misi ‘Kaltim Berdaulat’.

“Selain kedaulatan pangan, dibahas juga soal infrastruktur. Termasuk juga program Dinas PUPR-pera tahun 2024,” ucap Bagus Susetyo kepada wartawan.

“Kami ingin memastikan bahwa program dan anggaran PUPR Kaltim bisa terealisasi 100 persen, tanpa ada yang tidak terserap. Kami juga ingin memprioritaskan kegiatan infrastruktur yang bisa memperlancar arus logistik, seperti jalan desa, jalan antar kabupaten, dan jalan pesisir,” ujar Bagus di Samarinda, Jumat (10/11/2023).

Bagus menambahkan, bahwa infrastruktur juga berkaitan dengan kedaulatan pangan, yang merupakan salah satu visi misi Kaltim. Ia mengatakan bahwa dengan adanya infrastruktur yang baik, maka hasil bumi dan hasil pertanian masyarakat bisa lebih mudah diangkut dan dipasarkan.

“Kami juga ingin mendorong program pencetakan sawah baru dan peningkatan teknik irigasi persawahan, sehingga bisa panen tiga kali setahun. Ini juga sejalan dengan cita-cita untuk kedaulatan pangan, yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Rapat kerja Komisi III DPRD Kaltim dengan Bappeda Kaltim berlangsung selama sekitar tiga jam. Rapat kerja tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat Bappeda Kaltim, seperti Kepala Bappeda Kaltim, Kepala Bidang Perencanaan, dan Kepala Bidang Evaluasi. (adv/dprdkaltim).


Tinggalkan Komentar