DPRD Kaltim Segera Sahkan Rangkaian Agenda Dewan Usai Rapat Banmus

Wahyu Retno | Jumat, 01 Sep 2023 12:00 WITA
DPRD Kaltim Segera Sahkan Rangkaian Agenda Dewan Usai Rapat Banmus Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun

gerakanaktualnews.com, Samarinda — Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kaltim menggelar rapat terkait penyusunan agenda kegiatan dewan, pada Kamis (31/8/2023) di Gedung E Kantor DPRD Kaltim. 

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menyebutkan, beberapa poin penting yang menjadi fokus utama saat ini adalah terkait tahapan pembahasan Ranperda dan tahapan pembahasan APBD.

"Untuk saat ini yang menjadi fokus kami adalah Ranperda dan APBD," ujarnya.

Lebih rinci, Samsun juga membahas persoalan terkait masa jabatan gubernur yang akan berakhir pada bulan September. Rencananya, sebut Samsun, Rapat Paripurna pengumuman masa berakhirnya jabatan gubernur akan diagendakan di tanggal 8 September 2023.

Sementara itu untuk Rapat Paripurna APBD Perubahan, Samsun mengatakan masih menjadi pertimbangan yang kemungkinan akan dialokasikan pada pertengahan bulan September.

"Rapat Paripurna APBD Perubahan sudah dialokasikan waktunya, tetapi masih bisa bergeser, namun tidak melampaui batasan waktu," tutur Samsun.

Dalam wawancaranya, terkait dengan Rapat Badan Anggaran (Banggar), Samsun membeberkan masih menunggu hasil rapat Banggar bersama Tim Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (TAPD).

Sedangkan untuk rangkaian agenda rapat paripurna lainnya baik yang bersifat inisiatif maupun eksekutif akan melalui tahapan pandangan umum fraksi-fraksi, pendapat gubernur, pansus, serta pihak lainnya. Sosialisasi dan kunjungan juga menjadi agenda yang normatif.

"Harapannya, hasil Rapat Banmus dapat segera disahkan dan dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan kedewanan," lanjut Samsun. 

Tentunya, jalan dari proses ini masih dapat berubah, bergantung pada perkembangan situasi dan kondisi yang telah disepakati bersama anggota dewan. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar