Harap DPRD Kaltim Pemprov Tingkatkan Pengembangan EBT

Wahyu Retno | Sabtu, 11 Nov 2023 12:00 WITA
Harap DPRD Kaltim Pemprov Tingkatkan Pengembangan EBT Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono

gerakanaktualnews.com, Samarinda – Dalam upaya mencapai visi zero emisi karbon pada tahun 2050. Komisi II DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong pemerintah provinsi (pemprov) Kaltim meningkatkan pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

Hal itu disampaikan anggota Komisi II DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono, ia menyebut harus mendukung program pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan beralih ke EBT yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“EBT tidak hanya sebatas pengadaan panel surya yang ditaruh di tempat terpencil. EBT harus meliputi seluruh aspek, mulai dari hulu sampai hilir, dari produksi, distribusi, hingga konsumsi. EBT harus menjadi solusi untuk mengatasi masalah ketahanan energi dan pangan, serta hilirisasi industri,” ucapnya.

Sapto memberi contoh, biogas dapat dihasilkan dari limbah sawit yang melimpah di Kaltim. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik, baik skala rumah tangga maupun industri. Selain itu, biogas juga dapat mengurangi dampak negatif dari limbah sawit terhadap lingkungan.

“Kalau Kaltim bisa mengolah biogas dari hasil sawit, itu akan menjadi nilai tambah bagi petani dan pengusaha sawit,” jelasnya.
Dirinya melanjutkan, para petani tak hanya menjual tandan buah segar (TBS), melainkan bisa menjual listrik dari biogas. Ini juga akan menghemat biaya operasional dan meningkatkan pendapatan mereka.

Sapto berharap pemerintah provinsi dapat segera menyusun rencana aksi pengembangan EBT yang terukur dan terintegrasi. Ia juga meminta agar pemerintah provinsi dapat bekerja sama dengan pihak terkait, seperti pemerintah pusat, DPRD, perguruan tinggi, swasta, dan Masyarakat.

“Kaltim harus punya roadmap EBT yang jelas dan terstruktur. Pemerintah harus tahu sumber EBT apa saja yang ada di Kaltim, berapa kapasitasnya, bagaimana cara mengelolanya, dan siapa yang bertanggung jawab. Harus punya target dan indikator yang dapat dipantau dan dievaluasi secara berkala,” harapnya.

Terakhir, dirinya juga menekankan pentingnya kontinuitas dan konsistensi dalam pengembangan EBT di Kaltim. Ia menginginkan agar setiap pergantian kepemimpinan di provinsi ini, tidak mengubah arah dan prioritas EBT yang telah ditetapkan.

“Hal yang menjadi perhatian, tidak boleh gonta-ganti kebijakan EBT setiap pergantian gubernur. Kita harus punya komitmen bersama untuk mewujudkan visi zero emisi karbon di Kaltim,” tandasnya. (adv/dprdkaltim).


Tinggalkan Komentar