Komisi I Bersama Sekretariat DPRD Kaltim Gelar Rapat Evaluasi, Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Wahyu Retno | Senin, 23 Okt 2023 12:00 WITA
Komisi I Bersama Sekretariat DPRD Kaltim Gelar Rapat Evaluasi, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Rapat Kerja Komisi I Bersama Sekretariat DPRD Kaltim

gerakanaktualnews.com, BALIKPAPAN — Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Sekretariat DPRD Kaltim gelar rapat kerja pada Sabtu (14/10/2023) kemarin. 

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu, dan dihadiri sejumlah anggota Komisi I, Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Sekretaris DPRD Kaltim, Norhayati US, serta pejabat struktural dab fungsional berserta sejumlah staf Sekretariat DPRD Kaltim.

Rapat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja Sekretariat DPRD Kaltim dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD Kaltim.

Adapun beberapa poin yang dibahas dalam rapat, Baharuddin Demmu menyebutkan, termasuk mekanisme dan alur surat-menyurat, kelengkapan sarana dan prasarana penunjang kegiatan DPRD, dan  Sekretariat DPRD Kaltim.

"Termasuk sudah sejauh mana realisasi serapan anggaran di Sekretariat DPRD Kaltim 2023. Kendala dan tantangan yang dihadapi Sekretariat dalam mengoptimalkan tugas dan fungsinya," jelasnya.

Baharuddin juga mengungkapkan, tujuan dari rapat ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya kepada DPRD, terutama dalam hal fasilitasi kegiatan seperti hearing atau rapat dengar pendapat.

"Apakah karena faktor administrasinya? atau karena jadwa kegiatan di DPRD yang begitu padat. Sehingga rapat ini untuk bersama-sama mencari bagaimana solusinya agar pelayanan terhadap masyarakat bisa dilakukan," tambahnya.

Dari rapat tersebut, Baharuddin Demmu mengungkapkan, bahwa persoalan surat-menyurat tidak lagi diperumit. Sekretariat DPRD Kaltim akan menyediakan loket sendiri untuk melayani surat-surat masuk, terutama dari masyarakat dengan respons yang cepat. Prinsipnya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cepat.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kaltim, Norhayati Usman melaporkan, bahwa realisasi anggaran di Sekretariat DPRD Kaltim hingga 13 Oktober 2023 sudah mencapai 72,6 persen dari pagu sebesar Rp. 270 miliar.

"Tersisa kurang lebih Rp. 74 Miliar atau 27,5 persen," urainya.

Lebih lanjut, Sekretariat berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan maksimal dalam kelancaran tugas DPRD Kaltim, dan akan melaksanakan saran dan masukan sesuai dengan tupoksi mereka dan aturan yang berlaku. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar