Sigit Sebut Pentingnya Peran Perguruan Tinggi Cetak SDM Berkualitas untuk Dukung IKN

Wahyu Retno | Minggu, 12 Nov 2023 12:00 WITA
Sigit Sebut Pentingnya Peran Perguruan Tinggi Cetak SDM Berkualitas untuk Dukung IKN Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Sigit Wibowo, menyoroti pentingnya peran perguruan tinggi di Provinsi kaltim untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas guna mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Salah satu fokus DPRD Provinsi Kalimantan Timur adalah memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan daerah. Salah satunya, adalah mendorong pentingnya keterlibatan Perguruan Tinggi di Kaltim untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan IKN," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Adapun keterlibatan tersebut, Sigit menyebutkan, mulai dari perencanaan hingga menyiapkan SDM daerah yang berkualitas. Menurutnya, jika ada kekurangan dalam perencanaan peningkatan kualitas masyarakat lokal, dikhawatirkan warga lokal tidak mampu bersaing dengan pendatang.

Jika hal itu terjadi, maka akan memicu konflik sosial. Oleh karena itu, pembangunan SDM di Kaltim harus menjadi prioritas utama.

Sigit menyebutkan, contohnya seperti di Universitas Terbuka Kaltim, sebagai universitas yang terpercaya dan dipercaya oleh pemerintah untuk menjalankan misi memeratakan pendidikan bagi seluruh warga di manapun mereka berada dan berkomitmen penuh untuk melaksanakan mandat tersebut.

Universitas Terbuka dirancang untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi karena berbagai faktor, termasuk ekonomi, geografis dan demografis.

Dari segi demografi, Sigit menjelaskan, penduduk Kaltim dari tahun ke tahun terus meningkat, baik karena pertumbuhan penduduk alami (kelahiran) maupun pendatang baru.

Jumlah penduduk di Kaltim pada tahun 2019 mencapai 3,6 jiwa dan mengalami peningkatan di tahun 2020 menjadi 3,8 jiwa.

"Artinya potensi pertumbuhan penduduk Kaltim harus dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi untuk mencetak SDM unggul dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kaltim," tandas Sigit. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar