Sigit Wibowo; Perguruan Tinggi dalam Persiapan IKN di Kaltim Harus Dilibatkan

Muhammad Rusli | Minggu, 18 Apr 2021 12:00 WITA
Sigit Wibowo; Perguruan Tinggi dalam Persiapan IKN di Kaltim Harus Dilibatkan Sigit Wibowo Wakil Ketua DPRD Kaltim.

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Salah satu wilayah di Indonesia yang terpilih sebagai wilayah penempatan Ibu Kota Negara Republik Indonesia yang baru, yakni Provinsi Kalimantan Timur. yang secara resmi sudah di umumkan oleh Presiden Joko Widodo, pada tanggal 26 Agustus 2019 di Istana Negara Jakarta. 

Tentu menimbulkan potensi dan ancaman tersendiri bagi warga lokal. Oleh sebab itu diperlukan perencanaan yang matang dan perlu melibatkan Perguruan Tinggi khususnya di Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur.

"Hal ini bisa menjadi topik menarik dalam perencanaan nasional baik dari sudut ekonomi, infrastruktur hingga Sumber Daya Manusia (SDM). “ ujar Sigit Wibowo, Wakil Ketua DPRD Kaltim. 

Kami DPRD Provinsi Kalimantan Timur juga intens meyikapi persiapan Kaltim dalam menghadapi pembangunan Ibu kota negara (IKN) untuk itu salah satu fokus DPRD Provinsi Kalimantan Timur adalah memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan daerah.

“Diantara masukan itu adalah mendorong pentingnya keterlibatan Perguruan Tinggi di Kaltim untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan IKN," kata Sigit Wibowo. Sabtu (17/4/2021).

Keterlibatan tersebut menurut Sigit baik dari segi perencanaan sampai pada menyiapkan SDM daerah yang unggul. Apabila kurangnya perencanaan peningkatan kualitas masyarakat lokal, Sigit khawatir menyebabkan gagal bersaingnya warga lokal dengan pendatang. Hal tersebut, berpotensi menimbulkan konflik sosial. Untuk itu, pembangunan SDM Kalimantan Timur harus menjadi proritas utama. (adv)


Tinggalkan Komentar