Tenaga Kerja Lokal di Kaltim Masih Minim dan Perlu Peningkatan Pengasahan Skill, Sebut M. Udin

Wahyu Retno | Selasa, 24 Okt 2023 12:00 WITA
Tenaga Kerja Lokal di Kaltim Masih Minim dan Perlu Peningkatan Pengasahan Skill, Sebut M. Udin Anggota Komisi I DPRD Kaltim, M. Udin

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Timur, M. Udin (Kaltim) sebut bahwa tenaga kerja lokal yang ada di Kaltim masih sangat minim.

Hal ini bukan tanpa alasan ia ungkapkan. Terbukti dengan banyaknya perusahaan dan investor asing yang masuk dan berkembang di Kaltim. Namun, tenaga kerja yang dipekerjakan juga berasal dari luar.

"Memang harus kita akui bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) kita agak kurang, kurang dengan skill-nya. Memang banyak yang lulusan dari Universitas, tetapi tidak mempunyai skill," tandas Udin.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut juga menyebutkan, perlu adanya pemberdayaan terhadap SDM tenaga kerja lokal.

Udin berharap, agar Pj Gunernur mendatang dapat memberikan program yang mampu meningkatkan SDM tenaga lokal di Kaltim. Misalnya, dengan program pelatihan dan pengasahan skill terhadap generasi muda yang ingin mendapatkan pengalaman pekerjaan. 

"Ya berharapnya kita dengan adanya Pj Gubernur yang baru dapat membuat wadah untuk mengasah dan memberikan skill kepada anak-anak muda yang ingin bekerja, sehingga mereka juga siap bekerja dimanapun," ujarnya.

Kendati demikian, Udin juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Kaltim Isran Noor yang akan purna tugas pada 1 Oktober 2023 atas dedikasi dan pencapaian-pencapaian pembangunan selama lima tahun masa jabatannya.

Hanya saja, Udin memberikan catatan, yakni perlu adanya pembenahan dan evaluasi terhadap tenaga kerja lokal. Ia harap, agar ke depannya segera terbenahi dan diperbaiki untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kaltim. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar