Abdul Rasid Dorong Pemkab Pengadaan Seragam Sekolah Gratis

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 23 Sep 2023 12:00 WITA
Abdul Rasid Dorong Pemkab Pengadaan Seragam Sekolah Gratis Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasyid

gerakanaktualnews.com, Tenggarong — Abdul Rasid Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) mendorong pemerintah untuk melakukan pengadaan seragam sekolah gratis kepada siswa-siswi.

Namun di sejulmlah kabupaten/Kota di Kalimantan timur (Kaltim) pengadaan seragam sekolah gratis sudah banyak yang melaksanakan, diantaranya. Kutai Timur, Kota Bontang, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Paser.

Berdasarkan mandatory spending, 20 persen APBD dialokasikan untuk sektor pendidikan. Anggaran yang diampu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar sebesar Rp 2 triliun, dari total APBD Perubahan 2023 Rp 11,8 triliun.

“Kita sudah mendorong (pengadaan seragam gratis), karena anggarannya banyak,” kata Rasid, Jumat (22/9/2023) kemarin.

Dia juga mengimbau agar lembaga pendidikan tidak mewajibkan siswanya membeli buku pelajaran di sekolah. Karena pihak sekolah dapat membeli buku mata pelajaran melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Jika di lapangan masih ditemukan praktik jual beli buku pelajaran, siswa atau orangtua bisa melaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar segera ditindak langsung sekolah tersebut.

“Sekiranya masih di dapatkan sekolah yang melakukan penjualan buku terhadap siswa, kami mohon agar segera dilaporkan ke Disdik,” tegasnya. (adv/dprdkukar)


Tinggalkan Komentar