Abdul Rasid: Percepatan Sharing Informasi dan Implementasi Kegiatan Pusat di Daerah

Muhammad Akbar | Senin, 22 Nov 2021 12:00 WITA
Abdul Rasid: Percepatan Sharing Informasi dan Implementasi Kegiatan Pusat di Daerah Abdul Rasid membawa perwakilan wartawan dari lima media cetak di Kalimantan Timur yakni Koran Kaltim, Tribun Kaltim, Samarinda Pos, Kaltim Post dan Disway Kaltim.

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Abdul Rasid ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Senin (22/11/2021).

Dikesempatan itu, Abdul Rasid membawa perwakilan wartawan dari lima media cetak di Kalimantan Timur yakni Koran Kaltim, Tribun Kaltim, Samarinda Pos, Kaltim Post dan Disway Kaltim.

Pada kunjungan tersebut bertujuan untuk menggali serta sharing informasi terkait kegiatan-kegiatan pemerintah pusat yang dilaksanakan di Kutai Kartanegara yang erat hubungannya dengan peningkatan kualitas telekomunikasi jaringan internet serta penguatan untuk persiapan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) yang akan berpindah ke Kaltim.

"Harapan kita terutama mendapatkan informasi terkait jaringan internet untuk komunikasi di Kutai Kartanegara. Kita ketahui sendiri Kutai Kartanegara dengan cakupan wilayah yang sangat luas ini tentu memerlukan sarana untuk penunjang lancarnya komunikasi itu, seperti kemarin kita melaksanakan pembelajaran daring menyikapi pandemi," kata Rasid kepada awak media, Senin (22/11/2021).

Politikus Golkar ini menjelaskan selain itu banyak hal yang didiskusikan dengan pihak Kementerian Kominfo yang pada kesempatan kali ini diterima secara langsung oleh Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Hasyim Gautama bersama tiga orang staf kementerian. 

Selain membahas upaya apa saja yang telah dilakukan Kementerian Kominfo selama Pandemi Covid-19, salah satu yang sangat penting dibahas ialah, telah berjalannya upaya pihak pemerintah pusat menjadikan Kukar sebagai smart city dalam kaitannya untuk menunjang IKN. 

Selain itu juga membahas kegiatan-kegiatan pusat yang bisa diimplementasikan daerah.

"Supaya apa yang mungkin menjadi kendala kita di Kutai Kartanegara bisa teratasi terutama yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pusat yang harus disambut daerah," terangnya.

Rasid yang berasal dari Dapil I Tenggarong ini menegaskan, selama ini Kukar terkadang ketinggalan informasi hal-hal seperti ini, sehingga apa yang akan dilaksanakan pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah, banyak tidak mendapatkan informasi.

"Makanya kami berterimakasih pak Hasyim yang tadi menyampaikan banyak hal, tentunya ini harapannya teman-teman media bisa men-sharingkan ke Diskominfo Kutai Kartanegara dan OPD teknis lainnya supaya ini mereka bisa bergerak cepat untuk datang kesini untuk men-sharingkan apa-apa yang bisa di sharing kan di daerah kita. Agar supaya berkaitan dengan telekomunikasi internet dan segala macamnya bisa diatasi di Kutai Kartanegara apalagi kondisi Covid-19 seperti sekarang kan penting sekali sarana komunikasi yang kita lakukan di era kebiasaan baru ini, ya mudahan kedepan hal-hal koordinasi kita ini lebih mendukung untuk daerah," tegas Rasid.

Sementara itu, Hasyim Gautama menyebutkan, terkait upaya smart city ini Kukar diharapkan bisa melakukan percepatan transformasi digitalisasi. 
"Kami laksanakan kegiatan smart city di Kukar, harapan kami Kukar melakukan transformasi digital di seluruh aspek smart city," harap Hasyim. (adv)


Tinggalkan Komentar