Ajak Masyarakat Bangga Memakai Batik 

Muhammad Akbar | Sabtu, 02 Okt 2021 12:00 WITA
Ajak Masyarakat Bangga Memakai Batik  Ketua DPRD Kutai Kartanegara Abdul Rasid

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid dalam peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, adalah momen untuk lebih mencintai warisan budaya leluhur Indonesia.

Diketahui bahwa masyarakat Indonesia diwajibkan mengenakan pakaian bermotif batik pada momen hari batik setiap tanggal 2 Oktober, selain itu masyarakat Indonesia juga diharapkan agar selalu mencintai pakaian batik.

"Batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Sejak itulah, pemerintah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tentunya Masyarakat Kaltim tidak ketinggalan untuk selalu melestarikan budaya tanah air." ucap Abdul Rasid. (2/10/2021)

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid mengungkapkan, batik tidak hanya sekadar warisan budaya, tapi juga bisa berperan pada peningkatan perekonomian negara karena menjadi produk unggulan UMKM masyarakat Indonesia. 

"Batik mampu memiliki nilai potensial bagi peningkatan perekonomian masyarakat, terlebih lagi masing-masing daerah memiliki batik ciri khas yang mampu menampilkan keunikan asli daerah masing-masing. Jadi budaya ini harus kita jaga lestarikan dan dukung melalui kebijakan guna mensupport kegiatan masyarakat yang berkecimpung dalam pelestarian batik," paparnya
Politisi Golkar ini menegaskan, bangga mengenakan batik sama halnya dengan bangga ikut melestarikan kebudayaan dan bangga akan sejarah kekayaan bangsa Indonesia.

"Saya berharap, semua elemen masyarakat di Kukar terus menjaga budaya di Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober ini. Etam (kita) harus bangga karena warisan Batik ini tidak hanya diakui secara nasional, tapi juga diakui dunia," tutup Rasid. ( adv)


Tinggalkan Komentar