Komisi II DPRD PPU Dorong Minat Generasi Milenial Bertani

Usman | Kamis, 24 Jun 2021 12:00 WITA
Komisi II DPRD PPU Dorong Minat Generasi Milenial Bertani Anggota DPRD PPU Komisi II Sujiati

gerakanaktualnews.com, PENAJAM- Komisi II DPRD Penajam Paser Utara (PPU) menilai para kaula muda PPU masih minim minat untuk menekuni sektor pertanian. Padahal sektor pertanian di PPU cukup potensial.

Melihat kondisi itu, Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) PPU melalui Komisi II, melakukan pendampingan ke sejumlah petani muda, di Tambong, Babulu Darat dan Api-api.

“Ini masih dalam tahap percontohan. Makanya kita lakukan pendampingan kepada dua petani muda terlebih dahulu,” kata anggota komisi II Sujiati, Kamis (24/6/2021).

Khusus di Tambong, buah yang coba dikembangkan adalah melon. Dibekali modal Rp 4 juta dan lahan seluas 1/4 hektare, petani melon mampu menghasilkan panen sampai 1 ton lebih.

Jika harga jual per kilogram saat ini Rp 10 ribu, maka petani mampu meraup Rp10 juta.

“Tapi ini 1 ton lebih belum semua dipanen, dan mudah – mudahan pertengahan Juli nanti, buah melon di Tambong sudah memasuki masa panen raya. Nanti ada melon gold yang harganya mencapai Rp 15 ribu per kilogram,” kata Sujiati.

Meski cukup potensial, politikus Partai Gerindra ini mengaku hasil panen melon sejauh ini hanya memenuhi kebutuhan di wilayah PPU.

Namun tak menutup kemungkinan, jika hasil panen semakin meningkat bisa untuk mensuplai kebutuhan daerah lain.

“Untuk pemasaran tentu saja kita juga akan bantu jika produksinya nanti sudah tak mampu diserah di dalam daerah,” ujarnya lagi.

Kesuksesan panen melon ini, diharapkan Sujiati mampu meningkatkan minat kaum muda untuk menekuni profesi sebagai petani. (adv)


Tinggalkan Komentar